Nikon 1 AW1, Kamera Canggih Made In Indonesia

Toshio Asazaki, Presiden Direktur, PT. Nikon Indonesia (tengah) didampingi Sukimin Thio, Marketing Manager, PT. Nikon Indonesia (kiri) menunjukkan Nikon 1 AW1 kepada wartawan.

Toshio Asazaki, Presiden Direktur, PT. Nikon Indonesia (tengah) didampingi Sukimin Thio, Marketing Manager, PT. Nikon Indonesia (kiri) menunjukkan Nikon 1 AW1 kepada wartawan saat diperkenalkan hari ini (11/2).

 

Jakarta, PCplus¬†– PCplus terkejut ketika membalik kamera Nikon 1 AW1 yang beru diperkenalkan PT. Nikon Indonesia hari ini. Sebab produk merek Jepang yang biasa diproduksi di China atau Thailand ini ternyata bertuliskan “Made in Indonesia”. Saat dikonfirmasi oleh awak media, Sukimin Thio, Marketing Manager PT. Nikon Indonesia, membenarkan hal tersebut. Kendati demikian, Thio tidak merinci dimana dan siapa pabrik pembuat kamera ini. “Kita bekerjasama dengan pihak ketiga, tapi namanya tidak bisa disebut,” jelasnya.

Indonesia patut bangga didapuk Nikon sebagai negara produsen Nikon 1 AW1 ini. Pasalnya, kamera ini adalah kamera dengan lensa lepas pasang (interchangeable) pertama di dunia yang bisa menyelam di dalam air. Bahkan Nikon menyebutnya sebagai kamera mirrorless paling canggih yang pernah dirilis perusahaan Jepang itu.

Kamera ini diklaim bisa menyelam hingga kedalaman 15 meter selama 2 jam penuh. Selain itu, ia juga tahan banting, setidaknya masih bisa bekerja normal meski pernah dijatuhkan dari ketinggian hingga 2 meter. Saat di dalam air semua fasilitas yang dibutuhkan tersedia, termasuk pengaturan moda khusus bawah air untuk mengatur white balance, kontrol distorsi, dan lampu kilat.

Sebenarnya kombinasi antara sensor CMOS 14,25 megapiksel dan prosesor gambar Expeed 3A yang membuat kamera ini patut dilirik kalangan profesional, pehobi fotografi dan petualang. Dengan kombinasi dua komponen ini, Nikon 1 AW1 mampu mengambil gambar dengan kecepatan 60 frame per detik termasuk merekam video dalam resolusi Full HD tanpa masalah.

Nikon 1 AW1, kamera interchangeable lens pertama di dunia yang bisa menyelam.

Nikon 1 AW1, kamera interchangeable lens pertama di dunia yang bisa menyelam.

 

Teknologi AF Hybrid di kamera ini juga turut mendongkrak kinerja fokus kamera. Dengan menggabungkan pengunci fokus Phase Detection dan Contrast Detection, Nikon 1 AW1 bisa mengunci fokus pada subyek bergerak dengan lebih cepat dan tepat, termasuk menjawab tantangan mengunci fokus di tempat yang minim cahaya. Hal-hal seperti ini umum ditemukan saat memotret di bawah air di mana cahaya kian terbatas.

“Kami bangga dapat menghadirkan Nikon 1 AW1, kamera waterproof yang canggih guna memenuhi keinginan para penggemar scuba diving untuk mengabadikan keindahan flora dan fauna bawah laut yang begitu banyak terdapat paa taman-taman laut kelas dunia di Indonesia ini,” kata Toshio Asazaki, Presiden Direktur PT. Nikon Indonesia.

Di Indonesia kamera ini sudah bisa dipinang melalui toko kamera dan elektronik yang tersebar di seluruh nusantara. Nikon membandrolnya seharga 10,6 juta.

Tanggapan Kamu

komentar