Review Smartphone HTC One Dual SIM

ilustrasi-htc-one

Review, PCplus – HTC punya banyak varian untuk seri handset Androidnya, seperti One X, One S, One V, dan yang teranyar One saja tanpa embel-embel apapun. Sekali lagi, HTC membuat “revisi” di produk One-nya itu, utamanya untuk dukungan kartu micro SIM yang kini mendukung sampai 2 kartu alias dual SIM.

Biasanya kalau PCplus menunjukkan produk dual SIM, pertanyaan terbanyak dari pembaca adalah: “Apakah keduanya (SIM)  bisa internet?” atau “Bisakah salah satunya mendukung jaringan CDMA?”. Jawaban untuk pertanyaan pertama adalah bisa, tapi dengan catatan. Semua kartu micro SIM bisa dipakai untuk mengakses internet, tapi hanya slot SIM 1 yang mendukung jaringan HSDPA, sementara SIM 2 bekerja di jaringan Edge.  Itu berarti jika kamu mau mengakses internet dengan kecepatan yang baik, gunakan jaringan di SIM 1.

Untuk pertanyaan kedua jawabannya adalah, HTC One Dual SIM hanya mendukung jaringan GSM-GSM. Dengan kata lain, kamu tidak bisa menggunakan jaringan CDMA di perangkat ini.

Fitur Tetap Sama

Penggunaan slot dual SIM menjadi satu-satunya fitur yang membedakan perangkat ini dengan HTC One sebelumnya. Adanya slot ganda ini juga membuat desain perangkat sedikit berubah sehingga menyebabkan casing belakang HTC One Dual SIM bisa dibuka dengan menarik tuas yang ada di samping badannya. Selain untuk menyematkan kartu SIM, kompartemen belakang ini juga menyediakan slot kartu micro SD untuk tambahan memori. Sebagai informasi, slot micro SD tidak ada di seri HTC One dengan kartu SIM tunggal.

Selebihnya, fitur HTC One dan HTC One Dual SIM bisa dibilang sama. Prosesornya masih memakai Snapdragon S4 Pro Quad Core berkecepatan 1,7GHz. Fitur lain yang juga serupa adalah koneksi WIFI dengan dukungan standar ac, Bluetooth v4, serta beragam sensor seperti accelerometer, gyro, proximity dan compass.

HTC membekali kamera utama 4 megapiksel dengan kemampuan fokus otomatis dan flash LED di seri One Dual SIM ini. Kamera kedua (depan) beresolusi 1,2 megapiksel yang bisa merekam video beresolusi Full HD (1080p). Layarnya yang berukuran 4,68 inci  juga sudah mengunakan pelapis Gorilla Glass 2 dengan teknologi Super LCD3.

 

Kinerja

Jeroan yang keren membuat HTC One memiliki kinerja yang jempolan. Hasil pengujian yang dilakukan PCplus hampir semuanya di atas rata-rata smartphone di pasaran saat ini. Ini berkat dukungan prosesor quad core yang disandingkan dengan chip grafis Adreno 320 dan memori sistem sebesar 2GB.

Ada 3 pengujian standar yang PCplus lakukan, pertama pengujian menggunakan aplikasi benchmark SmartBench 2012, Quadrant Standard dan NenaMark2. Dilanjutkan dengan pengujian dengan menjalankan game N.O.V.A 3 Near Orbit Vanguard Alliance dan terakhir pengujian baterai dalam penggunaan normal.

Hasil dari pengujian pertama, bisa dilihat di tabel yang ada di akhir artikel ini. Pada pengujian game N.O.V.A 3 Near Orbit Vanguard Alliance, PCplus tidak mendapatkan lag sama sekali saat memainkannya di HTC One Dula SIM, termasuk waktu loading yang relatif cepat.

Terakhir pengujian baterai. Saat digunakan normal dengan 2 kartu stand by (satu kartu aktif untuk data), HTC One Dual SIM bisa bertahan sekitar 9-10 jam. Selama kurum waktu itu, perangkat aktif dipakai untuk browsing, chat, panggilan suara / SMS, membuka YouTube (kualitas standar) sampai bermain game (N.O.V.A 3). Daya tahan selama ini termasuk bagus untuk smartphone Android SIM ganda.

 

Kesimpulan

Perubahan memang tidak banyak di HTC One seri baru ini. Jika kamu memang butuh dua nomor yang aktif di satu perangkat atau pilihan untuk menambah dari 32GB memori yang tersedia menggunakan kartu MicroSD, maka HTC One Dual SIM adalah pilihan tepat. Selain itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk meminang HTC One, apalagi mengingat perbedaan harga yang cukup signifikan antara keduanya.

Plus: Dual SIM, Kinerja, Daya tahan baterai, tambahan kartu memori.

Minus:  Fitur nyaris sama dengan HTC One single SIM.

www.htc.com/id
HTC Indonesia
(021) 5695 4393
Harga belum tersedia
Garansi 1 Tahun

PCplus Rating:

PCplus Rating: ★★★★★★★½☆☆ 

Kompartemen belakang HTC One Dual SIM yang bisa dibuka. (foto: PCplus)

Kompartemen belakang HTC One Dual SIM yang bisa dibuka. (foto: Brama/PCplus)

htc-one-dual-sim-depan

Desainnya tak berbeda dengan HTC One single SIM. Termasuk penempatan fitur seperti kamera speaker dan sebagainya. (foto: Brama/PCplus)

htc-one-dual-sim-knob

Untuk membuka kompartemen belakang, geser switch di samping badan HTC One Dual SIM ini. (foto: Brama/PCplus)

SpesifikasiKeterangan
ProsesorQualcomm Snapdragon S4 Pro, Quad Core 1,7GHz
GrafisAdreno 320
LayarSuper LCD3 capacitive touchscreen, 4,68 inci
MemoriSistem: 2GB
Internal: 32GB
Kartu MemoriMicro SD
Kamera4MP (belakang); 1,2MP (depan)
Dukungan JaringanGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
GSM 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
HSDPA 850 / 1900 / 2100 – SIM 1
HSDPA 900 / 2100 – SIM 1
KonektifitasWIFI a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0, NFC, Infra red, Micro USB
Sistem OperasiAndroid 4.1.2 (Jelly Bean)
SensorAccelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiLithium Polymer 2300 mAh
Dimensi (p x l x t)13,7 x 6,93 x 1,04 cm
Bobot156 gram

 

Hasil Uji HTC One Dual SIM
NenaMark2
Rating59,6 FPS
Quadrant Standard
Total11981
CPU37386
Memory8578
 I/O10757
2D1000
3D2182
SmartBench 2012
Productivity Index7218
Gaming Index3366

htc dual sim 3 htc dual sim 1 htc dual sim 2

 

Tanggapan Kamu

komentar