Dua Proyektor Bisnis Epson Dilengkapi Pena Interaktif

epson eb1400wiJAKARTA, PCplus – Dua proyektor Epson ini istimewa. Ia tak hanya mampu menampilkan media di layar layaknya semua proyektor, tapi juga memungkinkan penggunanya membubuhi catatan, meng-highligt dan menggambar di atas media yang sedang ditampilkan dengan menggunakan pena interaktif (juga software).

Ya, Epson EB-1410Wi dan EB-1400Wi memang diklaim sebagai solusi digital lengkap untuk rapat bisnis. Mereka tidak dibekali fasilitas proyektor, tapi juga bisa dipakai sebagai whiteboard interaktif dan flipchart. Alhasil diskusi di ruang kelas maupun di ruang rapat bisa berjalan lebih hidup.

epson eb1400wi penaSi penyaji materi presentasi bisa langsung mencoret-coret di atas materi tampilannya, misalnya untuk memberi komentar atau menyoroti poin tertentu. Bisa dua orang bersamaan melakukannya loh. Proyeksinya juga bisa dibelah dalam dua layar (split-screen). Rapatnya sendiri bisa digelar bersamaan di empat tempat yang berbeda.

Begitu rapat atau kelas usai, catatan rapat bisa langsung dicetak ke printer yang terkoneksi. Atau ke printer yang dikoneksikan dalam jaringan. Asik bukan? Kalau mau, catatan-catatan rapat tadi juga boleh disimpan ke USB flash disk, di-e-mail ke semua peserta rapat, atau dibagi (share) di seluruh jaringan kantor melalui software whiteboard interaktif.

Perlu PC untuk melakukannya? Ah tak usah. Proyektor Epson ini bisa beroperasi mandiri. Tak perlu dikoneksikan ke PC kok. Kalau perlu memproyeksikan konten HD (high-definition) ke bidang yang lebih besar, misalnya 2,5 meter, bisa juga. Sebab di badan proyektor tersedia DisplayPort dan port HDMI input.

“”DisplayPort ini menggantikan fungsi VGA, DVI. Di notebook belum tersedia, Epson sudah bikinkan. Ada converter/adapter jadi kompatibel ke belakang,” terang Chris Herman Gunawan (General Manager Business & Corporate Department, PT Epson Indonesia) dalam jumpa pers di Bali awal Desember lalu.

Tapi kalau kamu mengoneksikan proyektor ini ke PC, ada fungsi yang bisa mengubah tulisan tangan dan diagram langsung masuk ke dokumen PowerPoint, Excel dan Word. Fungsi Microsoft Office Ink itu juga akan menyimpan file tadi dalam format aslinya sehingga bisa disunting di kemudian hari. Cuma fitur yang satu hanya bisa dipakai satu orang, bukan dua orang seperti ketika koneksi PC tidak hadir.

Materi presentasi juga tak harus disimpan di komputer ya. Di perangkat mobile (tablet dan smartphone iOS dan Android) juga tak masalah. Kamu tinggal aktifkan koneksi nirkabel dan aplikasi Epson iProjection. Materi presentasi yang disimpan di USB flash disk juga tak perlu dipindahkan ke komputer. Langsung saja colok ke port USB proyektor.

O ya, kedua proyektor Epson ini berkategori ultra-short throw. Intinya, cahaya dari proyektor interaktif nyaris tidak akan menyinari penyaji materi.

Berdimensi 36,7×15,5×37,5 cm dengan bobot 5,6kg (tanpa SlidePlate), Epson EB-1400wi menawarkan tingkat terang 2600lm untuk white light output dan color light output. Sementara Epson EB-1410wi menawarkan tingkat terang 3100lm.

 

Tanggapan Kamu

komentar