Review Samsung SyncMaster S23C550H

UjiNovember-SamsungS23C550H

 

Seperti sejumlah monitor LCD Samsung yang pernah hadir di PCplus, Samsung SyncMaster S23C550H juga mengandalkan fitur “Magic”. Setidaknya ada tiga Magic yang disediakan secara langsung pada monitor Magic Bright, Magic Angle, dan Magic Upscale. Samsung juga menyediakan MagicTune, namun fitur ini aplikasinya harus diinstal terlebih dahulu pada PC desktop atau laptop yang digunakan.

Menurut Samsung, Magic Bright akan mengatur sejumlah parameter seperti brightness, contrast, dan tint sesuai dengan beberapa preset yang disediakan, antara lain Standard, Game, dan Cinema. Preset Cinema misalnya diklaim Samsung optimal untuk menonton video.

Magic Angle berurusan dengan sudut pandang. Dengannya kamu bisa memilih S23C550H dari Samsung ini untuk mengotimalkan tampilan layarnya sesuai dengan posisi kamu kala tidak persis di depannya. Misalnya saat kamu melihatnya dari samping, kamu bisa mengaktifkan Magic Angle dan memakai Side Mode. Sayang, tidak ada pilihan yang bisa mendeteksi posisi pengguna secara otomatis dan memilih mode yang tepat.

Magic Upscale seperti namanya ditujukan untuk mengupscale konten resolusi rendah agar ditampilkan lebih baik. Sementara MagicTune memungkinkan kamu mengatur Samsung SyncMaster S23C550H lewat Windows tanpa perlu menyentuh tombol pengaturan di badan monitor.

Selain fitur Magic, Samsung tentunya turut memperhatikan urusan daya pada monitor 23″-nya ini. Kamu bisa mengaktifkan Eco Saving yang akan menekan konsumsi daya menjadi 75% atau 50% dari default. Sayangnya, tidak seperti pada Magic Bright dan Magic Angle, kamu tidak bisa mengkustomisasinya.

Ketika menghubungkan monitor Full HD ini ke PC desktop atau laptop lewat HDMI, kamu bisa menyambungkan headphone kamu padanya. Ya, Samsung SyncMaster S23C550H memang menyediakan port 3,5mm untuk headphone.

Fiturnya oke, tapi bagaimana dengan kualitas gambar yang ditampilkannya? Pertama kali menggunakannya, PCplus langsung merasakan bahwa gambar yang dihasilkan terlalu terang. Saat PCplus periksa, brightness diatur pada nilai 100 alias maksimal. Saat PCplus ubah pengaturan brightness ke 50 dan contrast ke 60, tampilan dari S23C550H milik Samsung ini terasa lebih pas. Namun, warna hitam yang dihasilkannya tetap keabu-abuan, tidak hitam.

Keseragaman (uniformity) juga kurang merata. Saat menampilkan warna dasar merah dengan berbagai tingkatan gamma maupun contrast, beberapa pun sulit dibedakan. Hal serupa terjadi pula pada dua warna dasar lain, hijau dan biru. Begitu juga saat menampilkan warna putih. Meskipun begitu, aneka kekurangan ini wajar ditemukan pada monitor LCD, apalagi pada varian mainstream.

Saat digunakan untuk mengetik, Samsung SyncMaster S23C550H mampu menampilkan font sampai ukuran tujuh dengan jelas. Bila digunakan untuk menonton film, warna yang dihasilkan bagus dan terlihat “bersemangat” ketika menggunakan Magic Bright. Namun, ini berakibat pada hitam yang semakin terang. Saat digunakan bermain game dengan pergerakan cepat, sayangnya kadang terasa kurang mulus. Cukup wajar mengingat response time-nya yang 5ms.

 

www.samsung.com
Samsung Electronic Indonesia
(021) 52991777
± Rp. 2.250.000,-
1 Tahun

 

 

UjiNovember-SamsungS23C550H-Inset1

Selain HDMI dan D-Sub 15pin, monitor Samsung ini juga menyediakan keluaran untuk headphone atau speaker aktif.

 

UjiNovember-SamsungS23C550H-Inset2

Jog button untuk kontrol diletakkan Samsung di sisi bawah dari S23C550H.

 

 

Spesifikasi:

Ukuran            Layar 23″ (16:9)
Interface D-Sub 15pin, HDMI, 3,5mm audio (out)
Resolusi 1920 x 1080 piksel @ 60Hz
Contrast Ratio 1000:1, ∞ (DCR Mega)
Brightness 250cd/m2
Response Time 5ms
Sudut Pandang (horisontal/vertikal) 170/160 derajat
Lain-lain Magic Bright, Magic Angle, Magic Upscale, MagicTune
Dimensi dengan Penyangga (plt) 54,6 x 19 x 42,8 cm
Daya Listrik Maks (aktif/saving/off) 21/0,3/0,3 W
Bobot (net) 3,45kg

 

 

+ Banyak fitur, tampilan yang dihasilkan cukup oke.
–  Magic Angle belum mendeteksi posisi secara otomatis, gerakan kadang kurang mulus.

Rating: 7,9 – Hot

 

Tanggapan Kamu

komentar