Membuat Efek Kabut, Cahaya Alam dan Uap

Melanjutkan tutorial cara bikin game, kali ini kita akan mencoba membuat 3 elemen alam yang sering nampak pada game. Mereka adalah kabut, cahaya alami (ambient light) dan uap. Bagaimana caranya?

Kabut (fog)

Efek kabut bisa kamu cipta melalui menu ‘Render Setting’. Di settingan tersebut kamu tinggal mengaktifkan pilihan ‘Fog’ dan mengatur warna Fog beserta densitas (kepadatan) nya.

fog1

Cahaya Alam (ambient light)

Pencahayaan menggunakan fasilitas ambient bisa digunakan jika kamu menonaktifkan cahaya (light) lain yang ada di dalam project Unity. Misalkan Directional light yang dipakai sebagai matahari, coba kamu matikan component lightnya. Nah cahaya yang sekarang kamu lihat berasal dari ambient light, coba ubah warnanya.

fog2

Tapi di sini,  Ambient light terlihat sangat datar dan tidak memberikan kontur pada objek. Kembalikan lagi seperti semula.

Efek Uap

Efek uap bisa dibuat  pada air dengan menggunakan particles.

Di dalam kumpulan particle memang tidak ada efek Steam, tapi disini kita menggunakan efek smoke dengan setingan yang menampilkan bentuk dari efek steam(uap).

Pertama kita drag dan drop particle smoke yang dinamakan ‘ Fluffy Smoke’ ketengah – tengah area air. Nah, kamu  sudah melihat efeknya seperti gumpalan asap tebal keluar dari air. Di sini kita mulai mengutak atik setingan dari particle smoke.

  • Tetapi akan  sangat merepotkan ketika kita memilih particle smoke untuk melihat setingannya, apalagi ada kotak-kotak wireframe yang menggangu pemandangan tampilan particle smoke tersebut.  Untuk mengatasi masalah ini kita akan melakukan beberapa langkah:
  • Klik menu GameObject dan memilih  Empty Game Object (CTRL+SHIFT+N).
  • Berikan gameObject tersebut nama “Air Uap”, misalkan.
  • Drag Water  ke dalam Game Object “Air Uap” sehingga Game Object Tersebut menjadi parent.
  • Drag juga Fluffy Smoke ke dalam “Air Uap”.
  • Kamu harus memilih particleFluffy  Smoke terlebih dahulu, lalu aktifkan ‘Lock’ pada inspector window, sehingga setingan particle smoke tetap terlihat.

fog3

  • Oke, sekarang pilih game Object “Air Uap” dan ubah setingan Fluffy Smoke  ‘Particle Renderer’  di bagian Shader, dari Alpha Blended menjadi  Additive.

fog4

  • Uap tebal sudah mulai terlihat, tinggal kita melebarkan area cakupannya. Untuk memperluas area sama halnya dengan apa yang kita lakukan pada Snow Effect, yaitu mengubah nilai ‘Ellipsoid’. Nah sambil berpatokan pada gizmo,  kamu akan mengetahui sumbu apa yang diubah di dalam ‘Ellipsoid’.
  • Kamu bisa melakukan variasi yang sama seperti yang kita lakukan pada snow, misalkan mengubah nilai sumbu Y pada World dan random Velocity.
  • Kamu juga bisa mengubah efek transparan Asap pada Particle renderer dan memilih Color Swatch pada ‘Tint Color’.  jika kamu mengubah ‘Alpha’-nya maka kamu juga mengubah  transparancy-nya.

fog5

bannerwp

Penulis : Heroges Matrik Niames

Tanggapan Kamu

komentar