Project 6: Efek Suara Api Dan Suara Latar
Di sesi ini kita akan memberikan efek suara pada api, sebelum kita berlanjut, pertama-tama kamu harus mengetahui bagaimana cara UNITY mengatur suara.
eliteprom dresses
Sumber Audio yang terdengar di speaker komputer di dalam unity terdapat pada main camera. Jika kamu memilih Main Camera, maka di jendela inspector paling bawah bisa ditemukan “Audio Listener”. Nah, Audio Listener inilah sebagai kuping kamu.
Pasangan Audio Listener adalah Audio Source (Component>Audio>Audio Source). Audio Source bisa kamu tempatkan atau dipasang di GameObject.
Rekomendasi Produk PCplus
-
Sale!
ASUS Zenbook 14 OLED UX3405MA-OLEDS511 – Ponder Blue
Rp16,999,000.00 Beli Sekarang -
GEEKOM Mini PC MiniIT11 Intel Core i7-11390H 16GB DDR4 512GB SSD Win11
Rp6,290,000.00 Beli Sekarang -
Sale!
ASUS ROG FLOW X13 GV301RA – R7RADA6T-O – R7-6800HS – SSD 512GB – 120HZ
Rp18,699,000.00 Buy product -
Sale!
Lenovo ideapad Slim 3i-14ITL6 – HYID i3-1115G4 SSD 256GB Arctic Grey
Rp5,899,000.00 Beli Sekarang
Pertama ada baiknya kita buat empty gameobject, dan berikan nama ‘suaraapi’, lalu masukan component Audio Source ke dalamnya. Sebelumnya kita harus memasukan audio file ke dalam asset, pertama buat dahulu folder audio dan import file audio yang diperlukan.
Kembali ke audio source d idalam game object ‘suaraapi’. Di dalam inspector untuk audio source kamu akan menemukan pilihan ‘Audio Clip’. Pilih file audio kamu di situ.
Jalankan game dan coba kamu menjauh dan mendekat dari sumber api, kamu akan mendengar efek suara sesuai jarak dikarenakan audio kamu adalah 3D audio.
Yang paling penting dari setingan audio source di sini adalah Max Distance beserta graphicnya.
Maksdunya adalah, sampai sejauh mana (dalam hitungan meter), kamu bisa mendengar suara itu. Karena waktu kita membuat terrain ini hanya selebar 256, maka angka default 500 pada distance menjadi terlalu tinggi, sehingga kamu bisa mendengar diarea mana saja suara api itu, coba ubah menjadi 20 meter.
Jalankan game, dan kamu bisa melihat di dalam grafik sejauh mana kamu meninggalkan area suara. Kamu juga bisa mengubah secara manual titik-titik point audio distance.
Jangan lupa mengaktifkan ‘Loop’. Karena sound hanya dimainkan sekali saja. Object ‘suaraapi’ ini juga dapat digabung dengan Flame sebagai parentnya.
Suara Latar (Ambient Sound)
Suara latar di sini maksudnya adalah suara yang selalu kamu dengar dari berbagai penjuru area games atau seperti anda menggunakan headphone (Backsound yang terdengar terue menerus).
Ada 2 cara di sini, cara pertama adalah cara yang sudah kamu ketahui , yaitu dengan menset Minimal Distance setinggi tingginya melebihi area terrain.
Yang kedua adalah dengan menyambungkannya atau attach ke object yang menempel di player, dalam hal ini player sebagai First Person Controller, maka object yang mengikuti sudah barang tentu adalah Main Cameranya yang sudah terdapat audio Listener di dalamnya.
Oke, dalam keadaan main camera dari first person controller terpilih, coba masukkan component audio source ke dalamnya. Setelan yang mesti kamu ubah di sini adalah: aktifkan looping dan atur volume suara supaya tidak terlalu keras.
Di sesi berikutnya kita akan membahas tentang cara membuat suara angin.
prom dresses uk store
Penulis : Heroges Matrik Niames