WINDZONE

Sangat aneh jika kita mendengar suara angin di project games kita tetapi pohon-pohon  dan rumput tidak bergerak. Di Unity ada fasilitas yang dinamakan WindZone. Kamu bisa mendapatkannya di menu Create Object>Create Other> WindZone atau bisa lewat window Hierarchy >Create.
eliteprom.co.uk

Ketika diaktifkan maka kamu akan mendapatkan icon Windzone. Windzone yang aktif pun belum tentu bisa menggerakkan obyek seperti pohon di game. Pohon-pohon tadi harus diperintah agar menuruti Windzone. Caranya disini adalah :

  • Pilih dahulu Windzone di hierarchy, lalu anda tekan kunci ‘F’ agar kita bisa fokus ke icon Windzone.
  • Icon Windzone berbentuk anak panah, yang artinya kamu bisa mengarahkan angin sesuai dari arah anak panah tersebut.

fire3

Ingatkah kamu waktu kita mengatur velocity dari Snow/Salju yang mengacu ke sumbu X? Nah, ada baiknya Windzone juga kita putar sesuai arah sumbu X pada gizmo. Karena tidak lucu kalau arah salju berbeda arahnya dengan pohon yang tertium angin.

  • Supaya pohon menurut pada Windzone, kita harus mensetting pohon itu sendiri. Coba pilih terrain dan pilih tools place trees. Pilih salah satu jenis pohonnya dan pilih edit tree.

fire4

  • Selanjutnya kamu  tinggal memberikan nilai 1 pada kolom ‘Bend Factor.
  • Lakukan juga hal yang sama pada jenis pohon berikutnya.

fire5

  • Pada properti Windzone kamu bisa menambah kekuatan angin pada Wind Main, dan menambah getaran kekuatan angin pada Wind turbulence.

fire6

bannerwp

Penulis : Heroges Matrik Niames

Tanggapan Kamu

komentar