WRAP UP (Finishing)

Sudah membuat level design, tekstur, pohon dan komponen alam lain termasuk langit, selanjutnya apa lagi? Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuat game kamu bisa dimainkan, alias sentuhan akhir. Begini caranya.

Jika kita buka menu file, kita akan menemukan 2 buah pilihan yaitu “Buid Setting” dan “Build & Run”. Kita buka dulu yang Build Setting.

wrap1

Di situ terdapat banyak pilihan, kira-kira kamu akan membangun game dengan platform apa? Yang aktif sekarang ini adalah untuk yang Web player dan PC serta Linux  dan juga Mac. Untuk platform lainnya kamu perlu lisensi full dari Unity.

wrap3

Di bagian Scenes in Build inilah kamu mengurutkan scene-scene sebagai level dalam game. Jika hanya punya satu scene maka cukup tekan tombol  ‘Add Current’. Untuk scene lain (jika ada), kamu tinggal drag drop ke dalam kotak ‘Scenes In Build’. Selanjutnya klik tombol “Build and Run”.

Kalau kamu mengklik tombol ‘Player Setting’ terlebih dahulu, itu sama saja dengan menu Edit>Project Setting>Player. Di menu “Player Setting” ini kamu bisa merubah ukuran Resolusi, Icon, Splash Image dan Rendering.

wrap2

File akhir yang dihasilkan untuk game kamu ini adalah exe. ketika game berjalan, opening games yang ditemukan disini opsi perubahan resolusi layar dan kualitas gambar. Di bagian input kamu bisa melihat kunci kontrol yang digunakan oleh player.

wrap4

bannerwp

Penulis : Heroges Matrik Niames

Tanggapan Kamu

komentar