Tempat Belajar Programming Gratis

Coding

 

“Jika belajar membaca, selanjutnya Anda akan membaca untuk belajar. Begitu pula dengan coding, jika Anda belajar membuat coding, maka Anda membuat coding untuk belajar.”

Kata-kata tersebut diucapkan oleh Mitchel Resnick, pendiri Computer Clubhouse, saat menjadi salah satu pembicara di TEDxBeaconStreet, suatu konferensi tahunan yang membahas permasalahan edukasi.  Resnick menambahkan bahwa generasi saat ini yang disodori berbagai perangkat modern seperti komputer, smartphone, hingga tablet tidak akan membuat mereka menjadi lebih pintar jika hanya digunakan untuk aktivitas seperti bermain games, chat, atau mengakses jejaring sosial saja.

Generasi kini perlu juga diperkenalkan bagaimana cara agar bisa menciptakan berbagai aplikasi yang menarik, inovatif serta bermanfaat bagi banyak orang. Dan untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan pengetahuan akan bahasa programming.  Hal ini tidak hanya untuk membuat mereka menjadi ahli, tetapi lebih kepada untuk memperluas wawasan yang mana nantinya bakal berguna bagi masa depan mereka masing-masing.

Ucapan Resnick tersebut bisa dijadikan acuan bahwa kita mesti bisa memanfaatkan teknologi yang sedang digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat. Belajar untuk menuntut ilmu bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Kini dengan kemajuan teknologi, kamu bisa memperdalam ilmu dengan mengikuti kursus non-formal yang banyak ditawarkan di internet.

Berikut beberapa situs yang menyediakan layanan buat kamu yang ingin menambah ilmu dibidang teknologi informasi:

Codecademy

Programming bagi pengguna awam secara interaktif

cod-01Codecademy merupakan situs yang menyediakan sarana bagi kamu yang ingin belajar secara interaktif mengenai bahasa pemrograman. Di sini akan diperkenalkan mengenai beberapa perintah sederhana serta dasar-dasar dalam bahasa pemrogrograman. Piilihan bahasa pemrograman terdiri dari JavaScript, HTML and CSS, Phyton, dan Ruby.

Jika kamu menganggap situs ini terlalu serius, jangan buru-buru mengabaikannya. Karena situs ini menggunakan metode interaktif yang sederhana sehingga jauh dari kesan membosankan serta metode belajar yang rumit. Situs ini memang berusaha menyajikan pembelajaran secara mudah namun serius.  Di awal tampilannya, situs Codecademy akan memberikan tutorial interaktif guna memancing ketertarikan pengguna untuk belajar bahasa programming. Selain itu, Codecademy tidak hanya diperuntukkan bagi kamu  yang ingin belajar saja, tetapi juga mereka yang ingin mengajar secara virtual dengan membuat modul materi yang bisa dibuat secara interaktif.

Girl Develop It

Belajar programming khusus untuk para wanita

cod-02Girl Develop It merupakan situs nonprofit yang memberikan bimbingan serta instruksi bagi mereka yang ingin belajar mengenai berbagai ilmu yang ditawarkan. Situs ini dibuat oleh dua sahabat yang sama-sama menggeluti bidang programming dan ingin berbagi dengan kaum wanita lain. Sara Chipps dan Vanessa Hurst membuat situs untuk tujuan yang sama yaitu ingin membuat kaum wanita dari segala usia, ras, tingkat pendidikan, dan pendapatan, agar dapat membangun kepercayaan diri mereka dengan mengembangkan kemampuan, khususnya dibidang programming.

“Dengan mengajarkan wanita di seluruh dunia dari berbagai latar belakang yang ingin mempelajari pengembangan perangkat lunak, kami dapat membantu meningkatkan karir dan kepercayaan diri dalam kehidupan sehari-hari mereka,” tambah Sara.

Girl Develop It memberikan waktu kuliah secara virtual sesuai dengan kelas dan materi yang telah ditentukan. Untuk mengikutinya, calon peserta mesti melakukan reservasi terlebih dahulu sesuai jadwal yang dibuat. Nantinya para calon peserta tidak hanya bisa menyimak saja tapi juga bisa melakukan tanya jawab secara interaktif.

Udacity

Kursus gratis dengan materi dari universitas terkenal

cod-03Udacity merupakan proyek pembelajaran yang dibuat oleh Universitas Stanford yang ditujukan bagi siapa saja yang ingin memperdalam ilmu atau menambah wawasan pengetahuan mereka secara online. Sistem pembelajarannya mengikuti metode kuliah layaknya belajar di sebuah kampus sungguhan. Dan nantinya peserta kursus yang berhasil lulus akan mendapatkan sertifikat khusus yang menyatakan bahwa mereka telah memiliki ketrampilan sesuai ilmu yang dipelajarinya.

Udacity mengkategorikan metode pembelajarannya menjadi tiga tingkatan, yaitu beginner, intermediate, dan advance. Hal ini disesuaikan dengan tiga golongan peserta yang bisa mengikutinya yaitu kalangan pelajar sekolah menengah, mahasiswa, dan profesional. Khusus para pelajar sekolah menengah akan ditawarkan beberapa ilmu yang disesuaikan dengan bidang masing-masing, sehingga nantinya mereka lebih siap menghadapi materi perkuliahan yang sesuangguhnya.  Udacity menyediakan pula pembelajaran untuk para mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu yang tidak terdapat pada mata kuliah umum mereka. Dari sini mereka bisa mendapatkannya secara mudah, gratis, namun tetap berkualitas. Udacity juga merupakan tempat yang tepat bagi para profesional yang ingin meningkatkan kemampuan guna menunjang karis dimana mereka dapat mempelajari teknologi modern dengan kurikulum paling baru.

Code Racer

Belajar sambil berlomba membuat situs

cod-04Jika kursus dianggap terlalu santai dan kurang menantang, cobalah untuk mengunjungi situs Code Racer. Code Racer dibuat oleh tim dari Treehouse, sebuah situs yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan, yang memiliki tujuan untuk mengajarkan ilmu web design, development, serta iOS bagi siapa saja guna membantu mencapai cita-cita mereka. Situs ini dibuat tidak hanya sebagai pembelajaran tetapi juga menantang pesertanya untuk berlomba dengan peserta lain dalam membuat bahasa programming secara cepat. Menggunakan bahasa HTML dan CSS, para peserta mesti menjadi yang tercepat dan saling berpacu untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan.

Selain memberikan tantangan, para pemula juga diberikan fasilitas untuk mempelajari dasar-dasar dalam membuat suatu website. Bahkan seseorang yang sama sekali awam dalam membangun suatu website dapat belajar melalui video tutorial dan nantinya mesti menyelesaikan tantangan yang diberikan guna mencoba ketrampilan yang telah diperolehnya.

Computer Clubhouse

Membantu kaum muda yang kurang mampu

cod-05Computer Clubhouse merupakan program dari Museum of Science di Boston yang merupakan wadah bagi siapa saja yang ingin belajar dibidang teknologi informasi namun terkendala dengan biaya. Program ini mendapatkan dukungan dari sponsor besar semacam Intel, Autodesk, Adobe, LEGO, hingga M.I.T (Massachussetts Institute of Technology). Sebagai pendirinya, Mitchel Resnick mengatakan bahwa tujuan didirikannya situs ini untuk membantu anak muda dari golongan yang kurang mampu untuk belajar mengekspresikan serta mengembangkan kreatifitas mereka dengan teknologi baru.

Computer Clubhouse memiliki  4 metode pembelajaran dimana diantaranya mengharuskan peserta untuk langsung mempraktekkan ilmu yang didapat. Mereka juga dituntut untuk berinteraksi dengan peserta lain dan menampilkan opini serta ide-ide kreatif.  Menurut Clubhouse, saat ini terdapat lebih dari 25.000 peserta yang dibimbing oleh para mentor untuk mengikuti program yang diadakan tiap tahunnya.

Girls Who Code 

Menginspirasi gadis remaja agar tertarik dibidang teknologi

cod-06Girls Who Code memiliki tujuan yang mirip dengan Girl Develop It dimana ingin mendidik, mengilhami dan membekali para gadis remaja berusia 13 sampai 17 tahun dengan keterampilan agar mampu bersaing dibidang teknik dan teknologi. Menurut survey tahun 2011, di Amerika Serikat sendiri jumlah insinyur bergender wanita hanya sekitar 14%. Dan dari 57% lulusan wanita, hanya 14% diantaranya yang bergelut di bidang teknologi dan ilmu komputer. Masih menurut survey setempat, perusahaan berbasis teknologi dengan jumlah karyawan wanita pada posisi manajemen yang lebih besar diklaim mampu meningkatkan laba lebih baik. Dan perusahaan yang memiliki pekerja wanita pada bagian tim teknis mampu meningkatkan kemampuan pemecahan permasalahan tim dan kreativitas yang lebih baik. Oleh karena itu Girl Who Code bertujuan untuk memberikan pendidikan dan menginspirasi para gadis remaja untuk mengembangkan kemampuan mereka guna meraih kesempatan yang lebih baik dibidang teknologi.

Code School

Kursus online dengan metode learn by doing

cod-07Code School menawarkan kursus online dalam berbagai pilihan bahasa programming, design, dan web tools. Code School menggunakan sistem pengajaran melalui peramban dengan menyertakan beberapa video tutorial, tantangan coding, dan screencast. Materi kursus yang ada disusun berdasarkan bidang serta silabus mengenai mata pelajaran yang akan dibahas. Nantinya kamu akan mendapatkan penjelasan materi melalui video yang dipresentasikan oleh pengajar dengan berbagai contoh yang bisa langsung dipraktekkan. Setelah diberikan materi oleh pengajar yang rata-rata bergelar profesor, kamu akan langsung diberikan tantangan untuk menyelesaikan tugas.

Layaknya kuliah, tiap tugas yang telah selesai akan diberi nilai dan akan menentukan skor keseluruhan yang akan dijadikan patokan berhasil tidaknya kamu menyelesaikan suatu mata kuliah. Untuk itu kamu mesti melakukan registrasi gratis secara online untuk mendapatkan akun yang nantinya akan berisi segala hal tentang pembelajaran yang telah kamu jalani beserta nilai yang telah diraih.

Treehouse

From zero experience to job-ready

cod-08Tidak punya pengalaman dibidang ilmu komputer dan teknologi? Ingin menambah ilmu guna meningkatkan karir? Jangan kuatir, Treehouse menghadirkan solusi bagi kamu untuk belajar secara online. Treehouse menawarkan berbagai ilmu pengetahuan, khususnya dibidang teknologi. Dari sini kamu bisa belajar membangun sebuah situs, membuat aplikasi berbasis iOS atau Android, membuat coding PHP, atau membangun sebuah usaha.

Treehouse sendiri memiliki moto yang langsung menegaskan tujuannya yaitu from zero experince to job-ready. Jadi kamu yang tidak memiliki dasar ilmu namun memiliki tekad dan kemauan bisa bergabung disini tanpa dipungut biaya. Nantinya dengan ilmu yang telah didapat, kamu akan memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa telah lulus dan bisa dijadikan bahan referensi saat melamar kerja disuatu tempat.

Melalui situsnya, disediakan perpustakaan yang berisi beberapa materi dari berbagai bidang ilmu yang ada, mulai dari programming, web sites, business, iOS and Android development. Hanya saja jika kamu ingin mendapatkan materi secara lengkap akan dikenakan biaya yang secara bulanan. Namun jika ingin melakukan uji coba terlebih dahulu, Treehouse juga menyediakan materi perkenalan dari masing-masing ilmu yang ada secara gratis.

Tanggapan Kamu

komentar