PNY OTG Adapter A1, Si Murah yang Fungsional

pny usb otg a1-a

Harganya sangat terjangkau, hanya Rp 49 ribu. Namun ia akan menyenangkan kamu yang punya smartphone atau/dan tablet Android. Dengannya kamu bisa cepat mentransfer file – foto, dokumen, lagu, klip video – antar perangkat. Tak perlu bantuan PC.  Cukup bermodal PNY OTG Adapter A1  ini dan sebarang USB flash disk.

Badan PNY OTG Adapter A1 ini sangat pendek. Sebuah port micro-USB hadir di salah satu badannya. Di sisi badan lainnya tampil port USB.  Ia akan mengubah  perangkat Android-mu menjadi USB host sehingga bisa berkomunikasi dengan perangkat USB yang terkoneksi.

Nah, segera saja colokkan perangkat mungil ini ke port micro-USB smartphone atau tablet kamu. Tak perlu repot instal driver apa pun. Maka smartphone atau tablet akan langsung mengenalinya. Tanpa reboot. Tancapkan USB flash disk ke ujung USB-nya.

Sekarang kamu bisa segera memindahkan file dari smartphone/ tablet ke flash disk atau sebaliknya. PCplus telah sukses melakukannya di dua tablet Android – Huawei MediaPad 7” dan Vandroid T5A – dan flash disk  Kingston DataTraveler ORCA 8GB, dan juga flash disk tak bermerek.

Transfer ke/dari USB Flash Disk

Uji pertama yang PCplus lakukan adalah memindahkan file dari flash disk Kingston DataTraveler ORCA ke Vandroid T5A. Pertama-tama PCplus menancapkan flash disk Kingston (USB 2.0) ke port USB PNY OTG Adapter A1. Lalu A1 PCplus koneksikan ke Vandroid T5A.

pny usb otg a1Berikutnya, PCplus mengaktifkan ES File Explorer (tersedia gratis di Google Play Store).  Pada ES File Explorer, A1 langsung dibaca sebagai USBOTG. PCplus langsung memilih USBOTG, lalu file yang mau ditransfer. Berikutnya, Copy dipilih. Setelah itu PCplus pindah ke folder internal Vandroid dan memilih Paste. File pun langsung berpindah.  File juga bisa dipindahkan ke arah sebaliknya, alias dari Vandroid ke flash disk.

Eh kalau kamu belum mengunduh ES File Manager, pakai saja File Manager bawaan Android-mu. Bedanya, ketika flash disk terkoneksi, ia akan dikenali sebagai External USB Storage.

Buka dari Flash Disk dan Mainkan di Tablet

Eh file Word yang PCplus simpan di flash disk pun bisa dibuka tanpa masalah di tablet (via Kingsoft Office). Begitu juga file PDF (dibuka dengan Adobe Reader).

 PCplus juga bisa memutar file-file MP3  yang tersimpan di flash disk. Saat file MP3 dipilih, muncul tawaran untuk memutarnya dengan pemutar. PCplus menggunakan WinAmp. Tapi bisa juga menggunakan ES Media Player.

Klip video MP4 hasil rekaman camcorder Sanyo Xacti yang bercokol di flash disk pun mulus saat PCplus putar di tablet. PCplus menggunakan Video Player untuk memutarnya.

Sambungkan ke Perangkat USB Lain

PNY OTG Adapter A1 ini tak cuma berguna untuk memindahkan dan membuka file tanpa bantuan PC loh. Ia juga bisa dimanfaatkan untuk mengoneksikan tablet Android ke keyboard PC.

pny usb otg a1 keyboardColokkan saja kabel USB keyboard ke port USB PNY OTG Adapter A1. Nah, kamu tak perlu khusus membeli keyboard untuk tablet. Sebarang keyboard standar PC bisa dipakai kok.  PCplus melakukannya dengan keyboard Microsoft Wired Desktop 600.

Kalau perlu pakai mouse di tablet Android (menurut PCplus memang lebih nyaman sih dibandingkan menyapukan dan mengetukkan ujung jemari ke layar sentuh), kamu juga tak usah sungkan. Colokkan saja kabel USB mouse-mu ke port USB PNY OTG Adapter A1 (PCplus sukses mencobakan mouse optis USB HP 2-button. Maka dalam seketika kamu dapat mengklik kiri dan kanan mouse layaknya di komputer.  Di layar tablet kamu akan melihat panah hitam kecil.pny usb otg a1 mouse

 

Ada Masalah Kompatibilitas

Bagaimana jika A1 dikoneksikan ke hard disk eksternal? Hmm, hard disk portabel 500GB Silicon Power A10 320GB (diformat ke FAT32) yang PCplus hubungkan tak terhubung kendati lampu indikatornya berkedip-kedip. Namun ini tak terlalu mengejutkan. Sebab hard disk membutuhkan pasokan daya untuk bekerja dan pasokan itu tak selalu bisa disuplai oleh tablet.

Sayang PCplus tak sempat mengoneksikan hard disk eksternal yang memiliki power supply sendiri. Tapi secara teori sih seharusnya hard disk eksternal dengan power supply mandiri (powered hard disk) bisa dikenali.

O ya, PCplus juga tidak berhasil mengoneksikan PNY OTG Adapter A1 dari smartphone Motorola RAZR XT910. Smartphone Motorola lawas itu tak memberikan respon apa pun saat PNY OTG Adapter dicolokkan ke port micro USB-nya.  PCplus juga tak berhasil menyalakan lampu LED maupun kipas angin kecil melalui koneksi USB.

Kelihatannya ini adalah masalah ketidakompatibelan. Pada kemasan A1 PNY memang mencantumkan daftar smartphone yang kompatibel, yakni Samsung, Sony Xperia, HTC, LG dan MI. Itu pun terbatas pada model-model tertentu.

***

Kendati ada masalah ketidakkompatibelan, menurut PCplus PNY USB OTG Adapter A1 ini bermanfaat bagi pengguna smartphone dan tablet Android yang mengutamakan kepraktisan. Dengannya kamu bebas mengakses file dari flash disk tanpa bantuan PC.

Dengannya kamu tak perlu membeli keyboard khusus untuk tablet. Cukup pakai keyboard PC biasa. Kamu juga bisa mendayagunakan mouse USB standar di tabletmu. Selain praktis,  adapter PNY ini sangat terjangkau harganya.

Plus:  Mungil, murah

Minus:  Tidak selalu kompatibel

RATING: 7,9 (GOLD)

 

www.pny.com.tw

www.dinomarket.com, www.blibli.com

Rp 49.000

Garansi terbatas 1 tahun

 

SPESIFIKASI PNY USB OTG Adapter A1

Dukung OS: Android 4.0 dan di atasnya

Rating listrik: 5 V, 0,5 A (max)

Suhu pengoperasian: 0 derajat C hingga +70 derajat C

Suhu penyimpanan: -40 derajat C hingga 85 derajat C

Operation humidity: 30%RH to 70%RH

Ukuran:  2,5 x 1,9 x 1 cm

Bobot: 2,97 gram

Tanggapan Kamu

komentar