Bagaimana Memiliki Dompet Bitcoin

wallet

 

Di artikel terdahulu, PCplus telah menjelaskan apa itu Bitcoin dan apa yang harus diperhatikan untuk menjadi penambang. Nah di artikel ini, kami ingin menjelaskan sedikit mengenai dompet yang harus kamu miliki untuk bergabung ke jaringan Bitcoin.

Dompet atau wallet adalah tempat menyimpan Bitcoin kamu. Fungsinya mirip seperti inbox email untuk menyimpan email. Dompet Bitcoin juga memiliki alamat. Namun berbeda dengan email, alamatnya bisa berubah-ubah. Bahkan kamu bisa membuat alamat baru tiap melakukan transaksi.

Ada dua cara memiliki dompet Bitcoin. Pertama adalah menyimpan sendiri di komputer kamu. Cara ini terbilang paling mudah, namun juga beresiko. Kamu harus menyimpan file .dat yang menjadi identitas dompet Bitcoin kamu. Jika komputer kamu rusak atau terpaksa diinstalasi ulang, sementara file dat tersebut belum di-backup, seluruh Bitcoin kamu pun ikut raib. Kamu juga harus yakin komputer kamu bersih dari segala jenis malware, soalnya banyak ditemukan kasus pencurian Bitcoin menggunakan virus.

Cara kedua adalah menggunakan dompet yang disediakan pihak lain. Cara ini mirip seperti kamu punya email di Gmail. Jika mengambil cara ini, kamu harus memilih layanan yang terpercaya.

Berikut adalah tutorial cara memiliki dompet Bitcoin, baik di komputer sendiri maupun nitip di tempat lain.

Simpan sendiri

  1. Unduh BitCoin-Qt di sini. Tersedia untuk Windows, Ubuntu, dan Macintosh.
  2. Instal dan pasang software Bitcoin.
  3. Langsung backup Wallet kamu dengan mengklik File>Backup Wallet. Simpan di tempat aman (di flashdisk, Google Drive, atau tempat yang tidak mungkin hilang)
  4. Tunggu sistem Bitcoin melakukan sinkronisasi data. Prosesnya bisa memakan waktu berjam-jam karena ukuran datanya mencapai 6GB.
  5. Sekarang kamu sudah bisa melakukan transaksi. Jika ingin mendapatkan alamat dompet kamu, klik Receive Coin dan di sana ada alamat Bitcoin kamu. Jika butuh tambahan, silakan klik New Address di bagian kiri bawah.

Nitip Dompet

Ada banyak situs untuk menitipkan dompet kamu. Salah satunya adalah CoinBase. Cara registrasinya mudah: kamu cukup daftarkan email kamu, dan dompet pun siap digunakan. Jika sebelumnya kamu telah punya dompet di komputer sendiri, file dat yang telah kamu buat di PC bisa ditransfer ke CoinBase ini. Nanti, seluruh isinya akan berpindah ke CoinBase.

Tanggapan Kamu

komentar