3M Tawarkan Cairan Pendingin Data Center

3m novecJAKARTA,PCplus – Kalau kamu pernah main ke sebuah data center, kamu pasti kedinginan. Ya, suhu di dalam ruangan data center yang berisi banyak komputer itu biasanya memang dibuat dingin, 21 derajat Celcius, agar komputer tidak kepanasan yang bisa menyebabkan kebakaran — musuh utama data center. Sebagai pendingin umumnya digunakan AC (air conditioner).

Sistem pendingin yang baik memang merupakan kebutuhan data center. Ia juga merupakan komponen biaya tertinggi sebuah data center. Maklum AC kan butuh listrik untuk bekerja. Nah kebutuhan daya listrik yang tinggi secara nonstop ini (sesuai karakteristik data center yang tidak boleh down sedetik pun), mengakibatkan mahalnya biaya investasi dan operasional data center.

Menurut Johar ALam Rangkuti (Chairman, IDC – Internet Data Center), biaya listrik memakan 30% biaya investasi awal data center dan lebih dari 50% biaya operasional. IDC, tutur Johar, setiap bulan membayar Rp 1,2 miliar untuk tagihan listrik. “50% untuk AC, 21 derajat Celcius,” kata Johar.

Nah, jika mau berhemat biaya listrik tanpa mengorbankan sistem pendinginan bisa kok. Caranya, ganti AC dengan cairan pendingin dari 3M yang bernama Novec 1230.

Cairan ini, kata Mateus Bernath (Country Business Leader Electronics and Energy Business Grou, PT 3M Indonesia), biasa dipakai untuk memadamkan kebakaran. Cairan fluoroketone yang teknologinya dimiliki 3M tersebut akan berubah menjadi gas saat diberi tekanan. Ia mampu mendinginkan server.

“Tidak perlu AC,” tandas George Ip (Senior Application Development Specialist, 3M Asia Pacific) dalam acara perkenalan 3M Novec & Volition Network Solutions di Jakarta (25/2/2014).

George lalu mendemokan perendaman sebuah sistem mainboard ‘telanjang’ yang menggunakan SSD dalam tabung kaca bersisi cairan Novec 1230. Dari sistem tersebut terlihat gelembung-gelembung udara kecil naik ke permukaan. “Itu tandanya pendinginan bekerja, gelembung itu adalah panas,” kata George.

Karena tidak butuh AC, data center bisa menghemat biaya investasi dan operasional. Menurut 3M, Novec Immersion Cooling bisa menurunkan biaya pendinginan server sampai 97%, beban daya TI sampai 20%, dan biaya infrastruktur secara keseluruhan sampai 50%.

“Dengan ini (3M Novec 1230), bisa hemat AC Rp 300 – Rp 400 juta untuk ruangan 800 meter persegi. Kalau IDC pakai 3000 meter persegi,” kata Johar memberi gambaran.

Selain hemat biaya, cairan pendingin 3M ini ramah lingkungan. “Tidak merusak ozon,” kata Ip sambil menuturkan bahwa 3M menberikan garansi Blue Sky untuk Novec 1230. Apa sih Blue Sky Warranty itu? Ini adalah jaminan 3M bahwa selama 20 tahun ke depan, cairan Novec 1230 tidak akan dilarang penggunaannya karena mengganggu lingkungan atau menyebabkan global warming. Jika ada larangan, uang pembeli cairan akan dikembalikan 3M.

O ya, Novec 1230 besutan 3M ini tidak cocok jika dipakai mendinginkan satu server. Ia, kata ip, ditujukan untuk mendinginkan data center, pemakaian massive parallel computing, seperti di badan pemantau cuaca dan gempa (BMKG).

 

Tanggapan Kamu

komentar