Ada Radar Teman dan LBS di WeChat 5.2

wechat friend radar

JAKARTA, PCplus – WeChat baru saja meng-update mobile social media-nya dengan versi baru, 5.2. “Banyak layanan menarik, misalnya gampang nambah teman dengan Radar. Bentuknya seperti radar. Bisa search percakapan terakhir dengan teman-teman. Bisa update profil teman dengan foto, alamat atau kartu bisnis. Juga ada stiker-stiker baru lokal dan internasional,” ungkap Bagus Biantoro (Chief Operating Officer, MNC Tencent) dalam media briefing di Jakarta kemarin (27/2/2014).

Untuk nambah teman, tekan saja “+” di menu bar. Pilih Add Contacts, lalu Friend Radar. Maka di layar akan tampil radar yang melacak keberadaan teman-teman kamu. Per halaman akan ditampilkan sekitar 10 nama. Kamu bisa menambahkan nama yang ditemukan, atau menolak permintaan menjadi teman dari Settings.

Setelah menambahkan teman via Friend Radar, kamu bisa mengundangnya untuk berbagi lokasi secara real-time (real-time location). Kamu lalu bisa membantu memandu jalan temanmu di WeChat map atau sesi walkie-talkie terintegrasi. Caranya? Buka Chat>+>Locations>Real-time location>View Map.

Apa lagi ya yang  baru? Kalau pakai Group Chat, kamu bisa dengan mudah menemukan foto  yang baru saja ditambahkan dalam Photo Album. Tidak perlu gulung-gulung (scroll) ke lokasi foto tersebut. Cukup buka satu foto di group chat, lalu tekan ikon di kanan bawah layar. Selain itu, andai namamu disebut-sebut dalam Group Chat, kamu akan dapat notifikasi.

Sekarang kamu juga bisa mencari pesan atau kontak, tanggal atau nama penting dalam chats. Untuk itu tersedia Universal Chats. Di tab Chats, kamu tinggal ketik yang kamu cari di search field.

Di versi baru, kamu bisa menunjukkan akun LinkedIn ke teman-temanmu dan tahu jika mereka bergabung ke jaringan profesional tersebut.

O ya versi baru ini, user interface berubah. Menu bar ada di bagian atas layar agar kamu bisa lebih cepat mengakses fitur-fitur favorit yang dibagi dalam tiga tab:  Chats, Discover, dan Contacts. Kalau mau lihat percakapan terakhir kamu dengan teman, sentuhlah tab Chats. Sedangkan di Discover, kamu bisa menemukan teman-teman melalui Scan QR Code, Shake, atau People Nearby), bermain (Games), atau ke toko stiker (gratis).

Update baru WeChat ini merupakan upaya WeChat untuk mengembangkan pasarnya di tanah air. Indonesia dengan proyeksi pertumbuhan data plan sebesar 40%, atau mencapai 100 – 115 juta tahun ini, kata Bagus, merupakan pasar yang sangat baik untuk aplikasi social media seperti WeChat.  

Bagus Biantoro (Chief Operating Officer, MNC Tencent), "Kami satu-satunya yang certified di TRUSte, lembaga internasional yang sertifikasi database, jadi secure.,”

Bagus Biantoro (Chief Operating Officer, MNC Tencent), “Kami satu-satunya yang certified di TRUSte, lembaga internasional yang sertifikasi database, jadi secure.,”

WeChat yang mendukung 20 bahasa, klaim Bagus, merupakan mobile social media platform dengan pertumbuhan sangat pesat di dunia. “Dari kuartal kedua sampai ketiga 2013, kami tumbuh sekitar 379%. Dipakai lebih dari 100 juta pengguna di luar Cina. Paling tinggi dibandingkan platform lain,” ujar lelaki berkacamata tersebut.  “Di (Google) Play Store, sudah 100 juta download, angka yang sangat luar biasa,” katanya. “Kami satu-satunya yang certified di TRUSte, lembaga internasional yang sertifikasi database, jadi aman,” tambahnya. 

Tanggapan Kamu

komentar