Awas Jebakan Peri Cinta

valentineJAKARTA, PCplus – Hari ini, 14 Februari, adalah hari kasih sayang alias Valentine Day. Banyak orang berusaha membagikan kebahagiaan ke orang-orang yang mereka kasihi. Tukar-menukar kado dan kartu ucapan adalah salah satu bentuknya.

Namun hati-hati. Peri cinta tidak selalu baik. Menurut Symantec, sejak tahun lalu spammer getol memanfaatkan hari kasih sayang ini sebagai umpan. Mereka mengiming-imingi kamu untuk mengklik tautan tertentu yang menawarkan perhiasan berdiskon besar, voucher makan malam dan hadiah-hadiah mahal. Padahal itu adalah jebakan untuk mencuri identitas dan rekening bank kamu!

Tahun ini, melalui Probe Network Symantec, juga sudah dideteksi berbagai pesan spam terkait hari Valentine. Jadi hati-hatilah jika menerima e-mail dengan subjek berikut:

–  Find-Your-Valentine

– eCards-for-Valentine

– Valentine’s-Day-Flowers

Pikirkan dua atau tiga kali lagi (jika harus) sebelum kamu  mengklik tautan palsu  untuk membeli hadiah atau e-kartu untuk orang yang Anda cintai.Kalau tautan itu kamu  klik, kamu akan dibawa ke halaman Web yang meminta informasi pribadimu.  Jangan sebarang mengklik tautan, apalagi jika ada di e-mail yang tidak kamu duga akan datang. Agar terhindar dari spam, jangan lupa gunakan anti-spam dan perbarui signature-nya secara berkala.

Tanggapan Kamu

komentar