Smartphone Firefox Seharga 200 Ribuan

Smartphone Mozilla berbasis sistem operasi Firefox

Smartphone Mozilla berbasis sistem operasi Firefox (Cnet)

Barcelona, PCplus – Ada yang unik di ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 yang sedang berlangsung di Barcelona. Ketika banyak perangkat berlomba menawarkan spesifikasi tinggi untuk mendongkrak penjualan, Mozilla justru menempuh “jalan” lain dengan menawarkan smartphone berharga murah. Konon harganya berkisar 25 dolar saja.

Menggandeng Spreadtrum Communication, produsen chip asal Cina, Mozilla menunjukkan smartphone berbasis sistem operasi Firefox yang hemat kantong. Pasar sasaran utamanya pun jelas, Mozilla akan menjual perangkatnya itu ke negara dunia ketiga yang sangat sensitif harga, seperti India dan Indonesia. Bahkan di Indonesia Mozilla dikabarkan bekerjasama dengan Polytron untuk membuat produknya dan menggandeng Telkomsel dan Indosat sebagai operator yang akan menjualnya.

Dihadapan kepada para pekerja media, pemimpin proyek Mozilla, Mitchell Baker, menyebut perangkatnya sebagai generasi lanjut dari feature phone, tapi dengan harga yang murah dan tambahan kecerdasan. Di smartphone ini kamu tetap bisa memasang aplikasi, membuka laman web, mencari daftar kontak telepon serta berkirim email dalam moda multitasking. Artinya, kamu tetap bisa mendengarkan musik saat melakukan hal tersebut tanpa masalah.

Segmen low end memang jadi sasaran utama produk ini, makanya jangan heran kalau nantinya tak ada fasilitas 3G. Mozilla hanya akan membekali koneksi 2,5G dengan alasan koneksi inilah yang banyak dipakai di negara-negara berkembang.

Apa yang ditawarkan Mozilla sebenarnya adalah teknologi dari sistem operasi Firefox-nya. Dengan spesifikasi perangkat keras terbatas, Firefox OS tetap bisa bekerja baik. Ini karena sumber daya yang dibutuhkan si rubah pintar diklaim hanya seperempat dari yang dibutuhkan Android.

Bagaimana, menurut kamu smartphone ini layak ditunggu kah?

Tanggapan Kamu

komentar