Wah, Fujitsu Bikin Notebook Khusus untuk Nenek dan Kakek

fujitsu grannoteJAKARTA, PCplus – Notebook Fujitsu ini tidak ditargetkan pada kaum muda seperti umumnya. Sasarannya justru adalah para nenek dan kakek. Tepatnya, mereka berusia di kisaran 60 tahun, atau mereka yang sudah matang usia. Begitu kata produsen asal Jepang tersebut.

Emangnya beda ya desain laptop untuk para nenek dan kakek dengan yang ditujukan pada kalangan muda usia? Menurut Fujitsu ya. Maka desain Grannote (sejatinya adalah Lifebook AH90/P) terlihat bersih, sesuai dengan tingkat kematangan penggunanya.

Grannote_Keys

Gampangnya, Grannote adalah sebuah notebook dengan fitur-fitur yang tidak akan membuat mereka yang sudah ‘berumur’ dan tidak mengerti teknik kebingungan. Tuts-tuts keyboardnya dilabeli dengan huruf besar dengan jarak antartombol 3mm dan key pitch 18,4mm sehingga enak ditekan dan tidak terlalu rapat satu sama lain.

“Jari kelingking misalnya, mengetuk dengan tekanan lebih lembut, jadi tombol-tombol yang ditekannya dibuat untuk sentuhan yang lebih lembut. Sementara tombol-tombol yang ditekan jempol butuh lebih banyak tekanan untuk menjadi klik,” jelas Fujitsu. “Semua hal-hal tak terlihat ini dipadukan untuk membentuk sebuah keyboard yang memungkinkan input yang lebih mulus dengan memuaskan. Dengan cara sama, touchpad dirancang dengan sebuah tombol yang memberikan umpan balik yang meyakinkan saat ditekan untuk mencegah klik yang keliru dan membuat penggua tidak stres.”

Sentuhan-sentuhan kecil ini menurut Fujitsu akan menjadi daya tarik bagi para kakek dan nenek, bersama hal-hal seperti “Awaseru Voice”, yang otomatis menyesuaikan tingkat volume dari suara berfrekuensi tinggi tergantung pada usia pengguna. Bagian terakhir ini dimaksudkan untuk mengatur suara berfrekuensi tinggi, misalnya pada streaming film, yang sulit didengar mereka yang makin berumur.

Grannote_PortsSayangnya Fujitsu tidak benar-benar mau mengungkap jeroan Grannote-nya. Ia hanya menyebutkan kalau Grannote dilengkapi prosesor Intel Core i7 4500U, RAM 8GB, storage sekitar 1TB, slot-loading Blu-ray drive, dan box-type speakers. Dan dari gambar yang terlihat, setidaknya ada port  USB 3.0, HDMI output, memory card reader, dan jack headphone di sisi kiri Grannote.

Fujitsu akan meluncurkan Grannote secara eksklusif di Jepang pada 13 Februari mendatang. Belum ada informasi tentang harga notebook tersebut.

Tanggapan Kamu

komentar