Review Speaker Rapoo A500

Rapoo_A500Apa jenis speaker yang kamu pakai untuk menemani smartphone?  Model 2.1, 5.1, atau speaker standar sekadar untuk mengalunkan musik. Ada produk baru yang ciamik nih, utamanya buat kamu yang hobi memutar multimedia di smartphone.

Rapoo A500 adalah perangkat speaker yang masuk dalam keluarga perangkat portabel. Ia dirancang khusus untuk dipakai di smartphone atau tablet PC, utamanya yang memiliki koneksi Bluetooth. Tapi ketersediaan Bluetooth ini tidak lantas membatasi penggunaan Rapoo A500 untuk smartphone, PC Notebook atau Desktop pun bisa disandingkan dengannya. Tak ada Bluetooth? Jangan juga kuatir, sebab speaker mungil ini menyediakan port auxilary (AUX) supaya suara bisa diinjeksikan melalui kabel dengan bantuan jack audio 3.5 milimeter.

“Bernyanyi Tanpa Kabel”

Tapi, pasti kurang seru kalau cuma menggunakan kabel, karena perangkat ini memang didesain agar portabel. Di dalamnya terdapat sensor NFC yang berfungsi untuk memudahkan proses koneksi (pairing) awal Bluetooth. Kalau tak ada NFC di perangkat smartphone, kamu bisa melakukan pairing secara manual.

Saat PCplus coba, Bluetoothnya bisa bekerja dengan baik di kisaran jarak 10 meter tanpa halangan. Lebih dari itu transmisi mulai terganggu, ditandai dengan tersendatnya suara yang dikeluarkan speaker.

Dari mana suplai dayanya? Speaker yang tampangnya mirip speaker di film Chalie’s Angel ini sudah dibekali baterai isi ulang di dalamnya. Rapoo mengklaim, kekuatan baterainya ini sekitar 10 jam jika dipakai terus menerus dengan posisi Bluetooth aktif.

Perangkat Handsfree

Fitur tambahan yang tak kalah menarik di produk ini adalah handfree. Ketika Rapoo A500 dihubungkan ke smartphone melalui Bluetooth, maka sebenarnya saat itu ia juga berfungsi sebagai handsfree.

Ya, kamu bisa langsung berbicara ke arah speaker ketika ada telepon masuk. Lubang mikropon kecil yang terletak di bagian atas perangkat siap menangkap suara kamu. Sensitifitas mikropon ini pun lumayan baik dan masih bisa mendengar suara kamu dalam jarak 2 meter.

Mengalun Merdu

Menilai kualitas speaker memang gampang-gampang susah. Soal preferensi pribadi sangat kuat di sini. Tapi menurut kami di PCplus, Rapoo A500 bisa menghasilkan suara yang merdu untuk sebuah speaker bookshelf berbadan mini. Respon frekuensinya cukup luas, terutama untuk frekuensi tinggi. Bassnya pun cukup meskipun untuk yang terlampau rendah agak kedodoran.

A500_perspective_blue+refl

Kalau dinilai keseluruhan, speaker ini cocok untuk mereka yang suka memutar musik pop, klasik atau jazz. Musik yang lebih keras dengan kebutuhan frekuensi tinggi yang lebih banyak sebenarnya tetap bisa dinikmati, hanya di sisi bass mungkin agak kurang responsif.

Kesimpulan

Rapoo dipasarkan di kisaran harga 700 ribuan. Dengan kemampuan yang lumayan lengkap serta portabilitas yang ditawarkan, harga ini menurut kami cukup sesuai. Apalagi Rapoo menyediakan 6 warna berbeda yang bisa kamu pilih, seperti emas, hitam, kuning, biru, hijau dan putih.

Plus: NFC, Kualitas kuara, baterai tahan lama, jack AUX, pemakaian mudah

Minus: Respon bass, minim setting tambahan.

belakang

Spesifikasi:

Frekuensi 150Hz~20KHz
Koneksi Bluetooth, jack 3.5mm
Fitur tambahan NFC
Bobot 220 gram
Dimensi 140×62×36mm

 

Tanggapan Kamu

komentar