“Mamadatkan” Benda di Unity

Tembok di sebuah game sejatinya tidak bisa ditembus atau dilewati. Makanya, kamu mesti menerapkan teknik blocking dengan Collider di Unity.

Contoh benda-benda colider bisa kamu dapatkan di GameObject>Create Other> disini kamu bisa pilih bentuk Cube, sphere, capsule, Cylinder ataupun Plane.

misalkan kita ingin membuat colider dengan bantuan benda yang di sebutkan tadi. Coba gunakan object ‘Windmill’ nah disini kita memakai object Cube’.

Pilih dahulu object Windmill-nya (pindah ke lokasi dekat Windmill lalu berikan object cube) selanjutnya di dalam Hierarchy window pilih cube-nya dan drag ke dalam Windmill, sehingga object cube menjadi satu kesatuan dengan object Windmill.

COLLISION1

COLLISION2

Karena object cube sudah menjadi 1 bagian dengan Windmill maka, pivot pada cube position bisa kamu beri nilai 0 semua sehingga sejajar dengan Windmill (titik porosnya sama).

Kemudian dengan scale, besarkan sesuai ukuran Windmill.

Lalu matikan fasilitas ‘Mesh renderer’ untuk menghilangkan tampilan cube yang solid.

Coba jalankan games dan tabrakkan first person controller kamu ke windmill maka kamu tidak bisa menembusnya.

Itu dikarenakan ada component ‘Box Collider’ di dalam object Cube.

COLLISION3

Cara lain untuk memasukkan collider ke dalam object adalah dengan menggunakan Mesh Collider, terutama object yang bentuknya cukup kompleks.

Kita ambil contoh model bangunan 3D yang dimasukkan tadi ke dalam proyek kita. Di contoh ini diberi nama inchi_1_0.

Kamu tahu bahwa bangunan inchi_1_0 tersebut terdiri dari berbagai macam benda yang menjadi satu (prefab). Nah, jika kamu apply  mesh collider kedalam inchi_1_0 maka fungsi mesh collider kamu tidak dapat bekerja. Kita harus memasukan ke sub-sub object lainnya di dalam inchi_1_0.

Tidak mungkin juga kamu memberikan mesh collider satu persatu pada sub-sub dari object, jika sub itu cukup banyak. Cara terbaik adalah dengan memilih  inchi_1_0 di dalam Asset window dan di dalam  Inspector window, kemudian aktifkan “Generate Collider” dan tekan tombol Apply.

 

COLLISION4

Sekarang semua sub object di dalam inchi_1_0, punya component mesh collider secara otomatis sehingga kamu tidak perlu memasukan mesh collider ke sub object dari inchi_1_0 satu per satu.

 

bannerwp

Penulis : Heroges Matrik Niames

Tanggapan Kamu

komentar