Inilah Hard Disk Tipis yang Bisa Backup Data Smartphone

seagate Backup-Plus-2PC-FamilyJAKARTA, PCplus — Smartphone kini sudah menjadi bagian dari hidup kita. Motret dan rekam video pun dilakukan dengan perangkat ini.

“Perangkat mobile adalah penyumbang jumlah rekaman video dan foto terbesar saat ini,” kata Chris Chute (Research Director, Worldwide Digital Imaging Practice, IDC). “Tujuh dari setiap 10 foto yang diabadikan pada tahun 2013 adalah hasil tangkapan menggunakan kamera smartphone. Ada semakin banyak kenangan yang direkam menggunakan perangkat genggam, sehingga data-data tersebut amatlah penting untuk di-backup ke layanan penyimpanan cloud atau ke dalam perangkat penyimpanan lokal.”  

Kalau storage smartphone-mu tidak mau cepat penuh, kamu harus memindahkan file-file yang sudah tidak diperlukan ke storage eksternal. Bisa ke SDcard. Tapi kalau mau lebih afdol, simpan saja di hard disk eksternal seperti Seagate Backup Plus Slim generasi kedua. Fisiknya tipis kok, 12,1mm. Pakai USB 3.0 jadi proses transfernya cepat.

Ya jajaran Seagate Backup Plus kini dilengkapi aplikasi untuk mem-backup perangkat mobile. Kamu cukup meng-instal aplikasi Seagate Mobile Backup (tersedia gratis untuk iOS dan Android) jika mau kemudahan backup seluruh foto dan video ke perangkat ini atau ke layanan penyimpanan cloud. Kamu juga bisa memanfaatkan koneksi Wi-Fi. Kalau sedang di perjalanan dan terhubung ke Internet, kamu bisa backup ke layanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive.  

Untuk keperluan backup,  Seagate menyediakan software Seagate Dashboard. Melaluinya, kamu bisa melakukan backup satu-klik, dan menjadwalkan waktu backup. Kamu juga bisa mem-backup foto dan video di akun Facebook dan Flickr dengan fitur Save dan Share.  Foto yang bisa di-backup ini termasuk foto-foto yang sudah di-tag teman jejaring sosialmu.

Seagate Dashboard, kata BanSeng Teh, (Senior Vice President & Managing Director Seagate untuk Asia-Pasifik dan Jepang) dalam rilis persnya, mempermudah pengguna dalam mem-backup album di sosial media, konten di komputer. “Bahkan saat ini, pengguna dapat mem-backup data yang tersimpan dalam perangkat mobile mereka,” katanya.

Seagate Backup Plus Slim Portable tersedia dalam berbagai kapasitas. Kapasitas terbesarnya 2TB, dan yang terkecil 500GB. Sedangkan badannya yang berbalut casing metal itu (tahan gores dan anti jejak sidik jari) ada yang  berwarna merah, biru, hitam atau perak. Ia dijual US$ 145 untuk 2TB, US$ 81 untuk 1TB dan US$ 62 untuk 500GB.

Andai lebih suka yang versi desktop,  kamu bisa memilih Seagate Backup Plus desktop 3,5”. Yang ini dijual US$ 109 untuk 2TB, US$ 161 untuk 3TB dan US$ 183 untuk 4TB. 

Tanggapan Kamu

komentar