Bikin Hot Spot Pakai Connectify di Windows 7

Mau coba bikin hotspot di rumah, kost atau bahkan kantor tapi belum punya perangkat wireless router? Tenang, kalau kamu pakai notebook dengan Windows 7 dan dilengkapi dengan koneksi nirkabel saatnya disulap untuk jadi wirelesss router. Bagaimana caranya? Gampang, pertama download aplikasi Connectify di sini http://www.connectify.me/ sembari PCplus jelaskan bagaimana menggunakannya.

Sembari menunggu proses download, PCplus ingin sedikit mengulas bagaimana cara kerja aplikasi tadi. Connectify sebenernya memanfaatkan sebuah kelebihan dari Windows 7 yang disebut dengan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter. Jika notebook atau PC kamu sudah dilengkapi dengan perangkat nirkabel, Windows 7 akan menciptakan sebuah adapter Wifi virtual secara otomatis. (gambar1)

Karena Connectify memanfaatkan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter,  kamu tetap bisa menggunakan adapter nirkabel  fisik untuk bisa tersambung ke router nirkabel sekaligus menggunakan Connectify sebagai Wi-Fi Hotspot tanpa saling menganggu.

Mulai sekarang tidak susah lagi untuk berbagi koneksi internet di rumah atau kost, kamu bisa terhubung ke internet melalui ISP kesayanganmu, kemudian kamu tinggal mengaktifkan aplikasi ini. Selanjutnya teman-teman atau saudara dapat ikut berinternet lewat komputermu.

Oh ya,  ada sedikit ide jahil nih. Jika kamu dan teman-temanmu pergi ke café yang menawarkan Wi-Fi Hotspot gratis tetapi cuma satu user, atau mungkin ketika kamu pergi ke kampus temanmu di mana untuk mengakses internet menggunakan nomor induk mahasiswa sebagai user, kamu bisa meminta temanmu untuk mengkatifkan Connectify dan, wuzz … Kamu pun bisa terhubung ke internet melalui notebooknya. Asyik bukan?

Nah, sekarang PCplus akan menjelaskan cara pangaturan Connectify. Pada contoh ini PCplus terhubung ke internet menggunakan adapter nirkabel dan membaginya menggunakan Connectify.

  1. Setelah kamu mendownload dan menginstallnya, Connectify akan memunculkan sebuah Wizard untuk melakukan pengaturan. Di halaman Welcome langsung klik tombol Next. gambar2
  2. Kemudian muncul halaman Network Name. Network name adalah Service Set Identifier (SSID) alias nama Access Point kamu. Ketikan nama SSID nya “andec-wifi”  kemudian klik tombol Next.
    gambar3
  3. Muncul halaman Password. Password berfungsi untuk melindungi agar tidak sembarang orang bisa terhubung ke jaringanmu. Jadi untuk dapat terkoneksi ke Wi-Fi Hotspot-mu selain mengetahui SSID juga harus mengetahui password-nya. Masukan password “makanpagi” kemudian klik tombol Next.
    gambar4
  4. Muncul halaman Share Connection. Di sini kamu harus menentukan jaringan mana yang akan di pakai untuk akses internet. Karena penulis terhubung ke Wireless Router menggunakan koneksi nirkabel maka dipilih WLAN. Kemudian klik tombol Next.
    gambar5
  5. Muncul halaman Complete. Centang Start Hotspot after closing wizard untuk mengaktifkan Wi-Fi Hotspot secara langsung, kemudian klik tombol Next.
    gambar6
  6. Tampilan Connectify dalam keadaan aktif ditandai dengan tombol Stop Hotspot yang aktif, terlihat seperti pada gambar di bawah ini.
    gambar7
  7. Oke, setelah Wi-Fi hotspot aktif selanjutnya kita berpindah ke PC klien untuk mencoba koneksi. Klik pada Network tray seperti terlihat pada gambar di bawah, Wi-Fi hotspot andec-wifi sudah di kenali. Untuk terhubung, klik andec-wifi kemudian klik tombol Connect.
    gambar8
  8. Selanjutnya akan muncul halaman Security Key, masukan password “makanpagi” seperti yang telah kita tetapkan di awal, kemudian klik tombol OK.
    gambar9
  9. Di network tray bisa terlihat bahwa kamu sudah berhasil terhubung kejaringan nirkabel. Sekarang buka browser dan cobalah berselancar.
    gambar10

Oh ya, jika ada komputer yang terhubung ke Wi-Fi mu, Connectify akan menampilkannya di jendela Connected Client seperti yang terlihat di gambar bawah. Dengan begitu kamu bisa mengetahui siapa saja yang terhubung ke Wi-Fi-mu.
gambar11

(Diambil dari artikel PCplus cetak edisi 372 oleh Andik Susilo — [email protected])

Tanggapan Kamu

komentar