Ganti Tampilan Situs ke Versi Mobile Atau Desktop

ilustrasiDengan makin banyaknya pengguna  perangkat mobile seperti tablet atau smartphone, banyak situs-situs yang memberikan pilihan tampilan ke versi mobile.  Selain karena alasan kenyaman mengakses melalui layar yang lebih kecil, tampilan versi mobile yang lebih sederhana bisa membuat akses lebih cepat dan bisa menghemat penggunaan bandwith internet. Oleh karena itu peramban-peramban yang biasa digunakan menyediakan fungsi untuk berpindah dari versi mobile ke desktop. Beberapa peramban secara otomatis akan menyesuaikan tampilan sesuai dengan perangkat yang digunakan. Namun kamu juga bisa mengubahnya sendiri secara manual. Berikut caranya:

Peramban bawaan OS:

1. iOS

Peramban bawaan iOS yaitu Safari tidak menyertakan fitur untuk berpindah tampilan versi mobile atau desktop. Oleh karena itu kamu mesti melakukan Jailbreak pada Safari terlebih dahulu atau cukup menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh melalui App Store. Dan pilihan kedua sepertinya merupakan cara yang paling mudah.

2. Android

Peramban bawaan Android menyediakan fitur untuk menampilkan situs versi desktop. Caranya, buka peramban, tekan tombol untuk menampilkan menu, temukan opsi Request desktop site dan aktifkan dengan memberi tanda centang.

3. Windows Phone

windowsPeramban bawaan Windows Phone yaitu Internet Explorer juga memiliki opsi untuk mengubah tampilan situs versi mobile ke desktop. Caranya, buka Internet Explorer, klik tombol More (gambar tiga buah titik yang terletak di sebelah address bar), tekan Settings. Pada pilihan Website preference,  kamu bisa menentukan apakah ingin ke Mobile version atau Desktop version.

Peramban pihak ketiga:

1. Google Chrome

Beberapa peramban pihak ketiga (pada OS Android) juga menawarkan metode tersebut dengan cara yang sedikit berbeda meski pada dasarnya sama. Mirip dengan cara pada peramban bawaan Android, Google Chrome memberikan pilihan dengan mengaktifkan Request desktop site dengan menekan tombol menu, dan beri tanda centang.

2. UC Browser

ucbrowserUC Browser merupakan peramban alternatif menarik dimana menghadirkan fitur lengkap dengan tampilan dinamis. Jalankan peramban, tekan ikon menu (ikon di posisi bawah tengah), geser ke pilihan Preferences>Settings>Advanced, geser ke bawah dan masuk ke opsi Website Preferences (UA). Disini UC Browser menyediakan pilihan yang lebih rinci pada situs-situs tertentu seperti Facebook, Google, Twitter, atau Yahoo. Kamu bisa memilih masing-masing ke pilihan Lite, Mobile atau Desktop. Jika kamu ingin menggunakan pilihan yang dibuat pada semua situs, pilih saja Others.

3. Opera Browser

Opera menyediakan beberapa versi peramban untuk smartphone atau tablet. Dan trik ini berlaku pada peramban Opera Browser for Android. Caranya, tekan Menu Opera, pilih Settings, pada menu Advanced, pilih User Agent dan tentukan pilihan ke Mobile atau Desktop. Khusus untuk Opera Mini, kamu tidak akan mendapatkan fungsi untuk merubah tampilan situs ke versi desktop karena Opera Mini memang khusus dibuat untuk menampilkan situs ke versi mobile.

4. Dolphin Browser

dolphinDolphine Browser juga merupakan salah satu peramban yang banyak digunakan berkat kehandalannya. Untuk mengaktifkan dua versi situs, kamu bisa mengaturnya dengan cara menekan tombol fisik Menu pada Android, tekan Settings. Pada pilihan User Agent, peramban ini memberikan pilihan yang lebih spesifik untuk pengguna yang berbeda, selain pilihan Desktop, kamu juga bisa mengaktifkan versi Mobile untuk perangkat Android, iPhone, iPad, serta Custom untuk melihat tampilan situs yang berbeda jika memang dibuat khusus pada perangkat-perangkat tersebut.

Cara alternatif

Kamu memiliki cara alternatif jika ingin merubah ke tampilan desktop pada suatu situs. Pastikan bahwa situs tersebut memiliki fasilitas untuk itu. Masuk ke situs, dan cari pilihan (biasanya terletak dibagian bawah) Mobile atau Desktop. Dari sini Kamu bisa menentukan tanpa mengubah konfigurasi pada peramban yang digunakan.

Tanggapan Kamu

komentar