iPhone 6 Sudah Siap Diproduksi, Apple Tunda Layar 5,5″

apple-iphone-5sJAKARTA, PCplus – Apple dikabarkan akan mulai memproduksi generasi iPhone terbarunya bulan depan, bukan September seperti yang selama ini diisukan. Begitu menurut kantor berita Reuters yang melaporkan bahwa produksi iPhone 6 yang berlayar 4,7” akan dimulai pada Mei mendatang.

Menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya, Apple telah mengontrak tiga perusahaan untuk memproduksi displai iPhone 6 tersebut. Ketiga perusahaan tersebut adalah Japan Display, Sharp dan LG Display. Mereka dikabarkan sudah memulai membuat komponen-komponen seperti sensor sidik jari dan chip untuk liquid crystal driver.  Produksi massal dari panel LCD sendiri disebutkan akan dimulai awal kuartal kedua ini di pabarik Kameyama milik Sharp, pabrik Mobara milik Japan Display, dan lokasi-lokasi lain.

Apple juga dilaporkan merencanakan iPhone 6 dengan layar 5,5”. Namun produksi untuk model tersebut ditunda karena masalah “teknologi produksi in-cell.”

Layar kedua iPhone 6 itu tadinya diharapkan menggunakan teknologi panel sentuh in-cell – ditanam ke dalam layar dan memungkinkan konstruksi yang lebih tipis dibandingkan film panel sentuh standar – yang dikenalkan pada iPhone 5. Akan tetapi kesulitan dengan teknologi in-cell pada ukuran 5,5”, begitu menurut salah satu sumber, menyebabkan hanya versi 4,7” yang dimulai produksinya secara massal.

Kendati tertunda, Apple dengan layar 5,5” itu diperkirakan akan siap pada bulan September. Jika ini benar, maka akhir tahun ini dua model baru iPhone 6akan meluncur berbarengan ke pasar, persis seperti apa yang dilakukan Apple pada iPhone 5C dan 5S-nya. Tahun lalu, Apple meluncurkan kedua produk barunya itu pada 20 September.

Apple sendiri menolak berkomentar tentang hal ini. Sayangnya tak ada detail lain tentang iPhone 6. Kabar-kabarnya, smartphone itu akan lebih tipis dibandingkan iPhone 5S yang 7,6mm. Juga akan mengemaskan prosesor yang  lebih baru, iOS 8 dan kamera 13MP.

Tanggapan Kamu

komentar