Pekerja Muda Perlu Aturan yang Mendukung Kerja Di Luar Kantor

Kerja di luar kantor tanpa aturan yang jelas tidak mendorong efektivits kerja

Kerja di luar kantor tanpa aturan yang jelas tidak mendorong efektivits kerja

Jakarta, PCplus – sebanyak 87 persen responden pekerja dewasa di Indonesia memiliki banyak perangkat. Nah, banyaknya perangkat mobile, seperti laptop, tablet, dan smartphone, membuat pekerja generasi baru ingin mendapat kebebasan bekerja diluar kantor. Kerja diluar kantor ini tentu perlu dukungan dari aturan perusahaan yang fleksibel, tanpa resiko membahayakan data rahasia perusahaan.

Sebab, yang menjadi kekhawatiran penyedia layanan TI di perusahaan ketika kamu bekerja di luar kantor adalah kerentanan diretasnya (hacking) data perusahaan. Sebab, belum tentu perangkat atau koneksi yang kamu gunakan untuk bekerja diluar kantor bebas dari pengintai. Baik pengintai berupa malware (virus, trojan, worm) hingga akses wifi yang memungkinkan orang lain mengintip apa saja yang ada di perangkat yang kamu gunakan.

Namun, seiring gaya hidup yang makin mobile dan dituntut untuk merespon cepat, permintaan kemudahan bekerja diluar kantor makin tak terelakkan. Hal ini tercermin dari hasil survey yang dilakukan VMware terhadap para pekerja dewasa yang lahir setelah 1982 di Indonesia.

Hasil survey menunjukkan bahwa 63 persen tenaga kerja mobile ini menginginkan adanya kebijakan kerja yang fleksibel, lengkap dan dapat diterima. Sebanyak 60 persen responden juga ingin perusahaan menyediakan perlengkapan dan perangkat keras yang membenarkan mereka untuk bekerja dimana saja.

Mereka juga ingin dibuka akses ke aplikasi yang mereka butuhkan di perangkat mereka sendiri, seperti dicerminkan oleh 60 persen responden. Sementara orang-orang yang duduk di bagian TI juga mereka tuntut agar memyediakan akses network yang lebih cepat (63 persen), perlengkapan kerja yang berfungsi baik (46 persen), dan respon yang cepat/real-time terhadap permintaan IT (46 persen).

Perusahaan yang bergerak dibidang virtualisasi dan infrastruktur cloud itu membuat survey yang dinamakan VMware MeConomy 2014. Survey ini bertujuan untuk menunjukkan perubahan kebiasaan dan kebutuhan kerja para pekerja muda saat ini dan masa yang akan datang. Sebab, para pekerja muda ini hidup di era mobile.

Tanggapan Kamu

komentar