Review Power Bank ADATA PV100 4200mAh

adata pv100 w smartphoneMakin banyak produsen memori dan komponen komputer yang turut merilis power bank dengan mereknya sendiri. Ada antara lain ADATA, Cooler Master dan PNY.

Di sini PCplus akan mengulas kemasan baterai cadangan eksternal atau power bank besutan ADATA. Produsen Taiwan ini mengirimi PCplus PV100 yang berkapasitas 4200mAh. ADATA tidak menjelaskan baterai isi ulang Lithium-Polymer dari produsen mana yang dikemaskannya.

 

Fisik Menawan

Dari sisi fisik, PV100 cantik. Finishingnya halus. Badannya berbalut warna putih susu (juga tersedia warna pink, biru muda dan hitam). Sementara bagian belakang dan sisi terbuat dari metal berwarna silver. Fisik power bank ini pun tipis, 8mm. sehingga enak dibawa-bawa, termasuk dimasukkan ke saku baju/celana. Jika disandingkan dengan sebuah smartphone, kamu bisa saja mengira keduanya adalah smartphone.

adata pv100 jendelaDi bagian depan PV100, kamu akan menemukan sebuah ‘jendela’ kecil dengan tulisan Push di atas On/Off, serta sebuah ikon. Jendela ini sesungguhnya adalah jendela LED.

Empat lampu LED berwarna biru akan menyala untuk menunjukkan kondisi baterai yang 100% penuh jika kamu menekan ikon On/Off itu. Per lampu LED mengindikasikan kondisi baterai 25%. Lampu LED juga akan menyala sejenak saat kamu mengoneksikannya ke smartphone yang akan disegarkan daya baterainya.

Di bagian sisi atas kanan unit, kamu akan mendapatkan sebuah port USB. Sementara port microUSB ada di sebelah kiri sisi yang sama. Tidak ada apa-apa lagi di sekujur badan PV100. adata pv100 belakang + port

 

Koneksi Mudah

Koneksikan kabel USB ke port USB PV100 dan kepala microUSB ke port microUSB smartphone-mu saat kamu ingin menyegarkan daya baterai smartphone. Jika ingin menyegarkan daya baterai PV100, koneksinya dibalik – ujung microUSB ke PV100 dan ujung USB ke port USB di colokan listrik atau port USB komputer.

adata pv100O ya, dalam kemasannya ADATA hanya menyertakan kabel dengan dua kepala (USB-microUSB) sepanjang 10cm. Tak ada jenis koneksi lain yang dibundelkan.

Menurut ADATA, produknya bisa digunakan untuk mengisi beragam perangkat mobile: MP4 player, PSP, GPS, smartphone, PDA, kamera digital, juga tablet. ADATA juga mengatakan power bank-nya dibekali empat perlindungan demi kesehatan baterai perangkat yang diisi ulang maupun dirinya sendiri. Saat mengisi baterai, perlindungan itu adalah OTP (Over-Temperature Protection), SCP  (Short Circuit Protection), OVP (Over-Voltage Protection), dan OCP (Overcharge Protection). Sedangkan saat ia diisi ulang, perlindungannya mencakup OCP (over current protection) dan ODP (over discharge protection)

PCplus menggunakan PV100 untuk menyegarkan daya baterai Motorola RAZR XT910 dari posisi 2%. Hanya perlu waktu sekitar dua jam untuk mengisi penuh baterai 1780mAh tersebut. Masih ada dua lampu LED yang menyala saat proses pengisian usai. Berarti PV100 masih bisa dipakai lagi untuk mengisi ulang baterai XT910.  Saat mengisi ulang daya baterai smartphone Motorola RAZR XT910, PCplus merasakan badan PV100 memanas.  Selain Motorola RAZR XT910, daya baterai smartphone Samsung Galaxy juga PCplus coba segarkan dengan PV100.

PCplus pun mengoneksikan PV100 pada tablet Advan (kendati agak sulit karena kabel bawaan Adata pendek). Dan ia terbukti sanggup melakukan tugas pengisian ulang baterai tablet. Ini perlu digarisbawahi karena tidak semua power bank bisa mengisi daya baterai tablet. Namun AData PV100 bisa melakukannya. Ini karena output-nya 2,1A (kebanyakan power bank mengusung output 1A, alias khusus diperuntukkan smartphone).

Pengisian ulang daya PV100 dari kapasitas nol sampai 100% berlangsung sekitar 6 jam. Selama proses, lampu LED akan menyala berkedip-kedip untuk menunjukkan kapasitas yang sedang diisi.

 

***

Jika kamu mencari power bank yang tipis tetapi punya output 2,1A, ADATA PV100 bisa kamu pilih.  Ia elegan, tipis dan mudah dipakai. Jika menurut kamu, 4200mAh kurang memadai, AData punya power bank lain dengan kapasitas 5000mAh dengan kabel 80cm, yakni PC500.

 

Plus: Fisik tipis, mudah dipakai, output 2,1A.

Minus: Hanya satu port USB, kabel USB pendek.

 

 

SKOR: 8 (HOT Product)

 

SPESIFIKASI ADATA PV100

Baterai               :  Rechargeable Li-polymer

Kapasitas        : 4200 mAh ,

Input                : 5V 1.0A (Micro USB)

Output:            5V 2.1A (Type-A USB)

Dimensi (PLT):  67 x 118 x 8mm

Bobot              : 105gr

Garansi           : 1 tahun

Situs                : www.adata-group.com

Harga kisaran: Rp 359 ribu

Distributor  : CV International

Tanggapan Kamu

komentar