Review Smartphone Lenovo Vibe Z

Lenovo Vibe Z

Lenovo Vibe Z

Di pasar ponsel pintar Indonesia nama Lenovo kian bergaung. Lini produk yang lengkap mulai dari yang ekonomis sampai premium adalah alasan Lenovo mampu bersaing di tanah air. Belakangan Lenovo bahkan agresif merilis seri produk dengan perbandingan kinerja dan harga yang menarik, tak terkecuali untuk seri-seri kelas atas, seperti K900 yang punya prosesor Intel Atom dan Vibe X (S960) dengan prosesor MTK. Kini Lenovo punya jagoan baru di kelas premium, namanya Vibe Z, dengan seri resmi K910.
Windows 7 Professional SP1 key

Seri K menunjukkan produk baru ini ada di kelas high end premium Lenovo. Memang, jika dibandingkan dengan Vibe X, seri Z ini tidak punya banyak perbedaan. Tapi peningkatan yang dilakukan Lenovo di seri baru ini cukup membuat perbedaan kinerja yang sangat signifikan serta menambah fitur menjadi lebih modern. Dari catatan PCplus, ada 8 pembeda antara Vibe Z dengan pendahulunya, yaitu: ketersediaan koneksi 4G (LTE), layar lebih besar (5,5 inci), kapasitas baterai yang lebih besar (3000 mAh), prosesor Qualcomm Snapdragon  800, chip grafis Adreno 330, dukungan WIFI AC, dukungan Bluetooth 4.0, dan sistem operasi Android 4.3 (Jelly Bean).

Tampil Elegan

Bentuk fisiknya lebih bongsor dari Vibe X sebagai konsekuensi dari layarnya yang berukuran 5,5 inci. Aksen metal yang mengelilingi bingkai badannya membuat Vibe Z terlihat elegan dan cantik. Hanya ada 2 tombol di bagian bingkai metal ini, power dan volume. Slot micro SIM disembunyikan di sisi bingkai ini, colok dengan pin yang sudah disediakan untuk membukanya.

Kalau bagian belakangnya disentuh akan terasa tekstur garis halus yang membuatnya tak licin saat dipegang. Menurut Lenovo tekstur ini dibuat dengan “pahatan” laser pada bahan polikarbonat untuk melindungi bagian belakang Vibe Z dari goresan. Benar saja, saat PCplus coba menyimpan smartphone tipis ini ke dalam kantong yang berisi anak kunci dan uang logam, tak ada bekas goresan di  lapis polikarbonat tadi. Sayangnya itu tidak terjadi pada bagian metal di pinggir, sebab beberapa bekas goresan tipis terlihat di sana.

Tekstur spesial yang dipahat dengan laser ini menahan bagian belakang Vibe Z dari goresan.

Tekstur spesial yang dipahat dengan laser ini menahan bagian belakang Vibe Z dari goresan.

Layar Cerah Berteman Kamera Hebat

Tidak ada masalah saat menghidupkan layar Vibe Z di tengah terik matahari, selama kecerahan diatur maksimum. Layar IPS LCD nya mampu menampilkan warna dengan baik. Resolusinya yang Full HD (1080 x 1920) asik buat nonton film, apalagi layar Vibe Z memiliki rasio aspek 16:9 alias layar lebar.

Untungnya layar yang bisa menampilkan sampai 16 juta warna dengan densitas piksel 401 ppi ini disandingkan dengan kamera yang juga bagus. Kamera belakang punya resolusi 13 megapiksel lengkap dengan fokus otomatis dan lampu LED untuk penerang. Di depan ada kamera 5 megapiksel buat kamu yang narsis dan suka selfie.  Aplikasi yang menemani kedua kamera ini juga punya fitur dan efek yang beragam, meskipun menurut PCplus masih terbilang fitur-fitur standar.

Dapur Pacu Lebih Gesit

Yang membuat Vibe Z patut dilirik adalah adopsi prosesor 4 inti berkecepatan 2.2 GHz milik Qualcomm Snapdragon yang dipadu dengan chip grafis Adreno 330. Arsitektur Krait 400 di prosesor ini terbukti mampu menggenjot kinerja perangkat. Alhasil hampir semua pengujian yang PCplus lakukan memberikan hasil memuaskan, baik untuk game, multimedia atau produktifitas.

Hebatnya kinerja Lenovo Vibe Z tak terlepas dari bantuan memori sistem yang lega. RAM di smartphone ini 2 GB, dengan media simpan data internal 16 GB. Media simpan internal ini memang sedikit banyak menyumbang peningkatan kinerja ketimbang jika aplikasi ditempatkan di media simpan eksternal seperti Micro SD. Mungkin itu sebabnya Vibe Z tidak menyediakan slot Micro SD untuk menambah kapasitas simpan.

Baterai Tahan Lama

Vibe Z termasuk dalam seri endurance Lenovo. Maksudnya, smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang lebih baik setidaknya untuk dipakai seharian penuh. Prosesor gesit serta layar besar adalah 2 hal utama yang membuat Lenovo mesti pandai memilih sumber daya yang tepat agar kategori endurance terpenuhi. Itu sebabnya sel baterai berkapasitas 3000 mAh bercokol di dalam Vibe Z. Penasaran seberapa lama ponsel bertahan dengan kapasitas baterai itu?

PCplus mencobanya dengan mengisi penuh baterai dan memutus charger mulai jam 5 pagi. Ponsel kemudian dipakai untuk bekerja cukup berat, misal menjalankan serangkaian tes grafis dan CPU, bermain game, browsing, menonton video dan sekali-kali memutar musik MP3. Koneksi data lewat 3G terus dihidupkan sepanjang hari karena ada 4 aplikasi media sosial yang butuh update. Dengan skema penggunaan ini, Lenovo Vibe Z baru kembali minta diisi ulang pada pukul 7.22 malam (sekitar 12 jam lebih) sampai akhirnya perangkat benar-benar mati.

Umur baterai ini tentu bisa lebih panjang jika Vibe Z dipakai normal untuk sekadar menjalankan aplikasi media sosial, telepon atau browsing. Apalagi Lenovo menyediakan aplikasi manajemen daya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk lebih menghemat baterai.

Kesimpulan

Serangkaian uji yang dilakukan PCplus terhadap Vibe Z menunjukkan hasil di atas rata-rata, baik untuk game maupun produktifitas. Skor uji grafis Nenamark2 mencatatkan nilai 59,9 frame per detik, sementara Antutu Benchmark yang menguji keseluruhan sistem memberi nilai 30104. Pada grafis Antutu ditunjukkan bahwa Vibe Z berada di atas Galaxy S4 dan HTC One, namun belum bisa mengalahkan LG G2 dan Xperia Z Ultra.

Vibe Z juga punya keunggulan pada multimedia khususnya tampilan dan suara yang lumayan oke. Kamera dengan hasil baik ditambah layar terang lengkap dengan lapisan anti gores adalah nilai tambah lain untuk smartphone ini.

Kendati serba lengkap, Vibe Z juga tak lepas dari kekurangan. Salah satu yang PCplus dapati adalah suhu tinggi di bagian atas belakang Vibe Z saat dipakai dalam jangka waktu lama. Di bagian ini sepertinya terdapat komponen prosesor atau baterai yang bekerja cukup berat saat perangkat dioperasikan.
Canada Goose Pas Cher

Saat ini Vibe Z juga belum mengadopsi Android Kitkat terbaru. Namun pihak Lenovo menjanjikan update si robot hijau untuk perangkatnya ini dalam waktu dekat. (Brama Setyadi)

Plus: Layar, kapasitas baterai, material badan perangkat, kamera.

Minus:  Panas saat dipakai lama, fokus kamera kadang meleset.

[xrr rating=4/5]

www.lenovo.com
Lenovo Indonesia
(021) 45853768
Rp. 5,999.000,-
1 Tahun

Kamera belakang beresolusi 5 megapiksel ini ditemani flash LED untuk membantu penerangan di ruang minim cahaya.

Kamera belakang beresolusi 5 megapiksel ini ditemani flash LED untuk membantu penerangan di ruang minim cahaya.

Bagian samping tak banyak ditemukan tombol, hanya jack audio 3,5 mm, tombol power dan volume (tidak terlihat) yang diletakkan di sini.

Bagian samping tak banyak ditemukan tombol, hanya jack audio 3,5 mm, tombol power dan volume (tidak terlihat) yang diletakkan di sini.

Vibe Z menggunakan slot Micro SIM. Tray spesial untuk membantu memasang kartu SIM ini tersembuyi di sisi kanan atas Vibe Z.

Vibe Z menggunakan slot Micro SIM. Tray spesial untuk membantu memasang kartu SIM ini tersembuyi di sisi kanan atas Vibe Z.

Spesifikasi Keterangan
Prosesor Qualcomm Snapdragon 800 Quad-core (2.2 GHz) Krait 400
Grafis Adreno 330
Layar IPS LCD 1080 x 1920 pixel, 5,5 inci (16 juta warna)
Memori Sistem: 2 GB
Internal: 16 GB
Kartu Memori
Kamera 13MP (belakang); 5MP (depan)
Dukungan Jaringan GSM 900 / 1800 / 1900
HSDPA 900 / 2100
LTE 850 / 1800 / 2100
Konektifitas WIFI a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0, Micro USB
Sistem Operasi Android 4.3 (Jelly Bean)
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Baterai Lithium Polymer 3000 mAh
Dimensi (p x l x t) 14,9 x 7,7 x 0,79 cm
Bobot 146 gram

 

Hasil Uji Lenovo Vibe Z
NenaMark2
Rating 59,9 FPS
Quadrant Standard
Total 18260
CPU 66491
Memory 16206
 I/O 5826
2D 500
3D 2275
SmartBench 2012
Productivity Index 8659
Gaming Index 4210
Antutu Benchmark 30104
3D Mark
Ice Storm  Maxed out!
Ice Storm Unlimited  16131
Linpack Pro
Single Thread (MFLOPS)  410.98
Multi Thread (MFLOPS)  501.984

Contoh foto yang diambil menggunakan kamera belakang Vibe Z

Tanggapan Kamu

komentar