Hai, Gmail for Android Sudah Diunduh Satu Miliar

gmail logoJAKARTA, PCplus – Inilah rekor unduhan satu miliar pertama bagi sebuah app Android. Siapa yang mencapainya? Tak lain adalah Gmail for Android. Begitu diumumkan Google.

Angka unduhan satu miliar itu sebenarnya terekam Gmail di Google Play Store beberapa hari lalu. Namun pencapaian itu baru diumumkan Sundar Pichai (Google Vice President) hari Kamis lalu. Dengan semangat ia mem-posting-kan komentarnya di Google+,”Menggembirakan melihat app Gmail di Android telah menembus satu juta pemasangan!!”

Ini tentu tidak harus diartikan bahwa Gmail for Android punya satu miliar pengguna. Sebab ticker di halaman Gmail Google Play Store adalah jumlah total dari instalasi, bukan jumlah total perangkat yang dipasangi sebuah app.

Selain itu beberapa laporan mencatat bahwa angka satu miliar itu menyertakan akun yang tidak aktif dan ganda. Plus perlu dicatat bahwa app Gmail juga datang pra-unduh di kebanyakan perangkat Android.

Gmail for Android mencapai angka unduhan satu miliar hanya beberapa hari setelah bocoran screenshot dari tataletak webpage Gmail dengan desain yang benar-benar muncul. Dalam gambar tersebut, Google terlihat mengubah tataletak e-mail; mengganti sidebar dengan slide-out panel, menghadirkan fitur baru “Snooze” yang akan mengirimkan e-mail-e-mail ke bagian atas inbox pengguna agar mereka bisa kembali dan membacanya nanti.

Tanggapan Kamu

komentar