Review Smartphone Asus Zenfone 5

[section_title title=Baterai dan Kinerja]

Daya Tahan Baterai

Smartphone Asus Zenfone 5 menyediakan 2 slot kartu micro SIM. Kedua kartu ini bisa hidup (standby) bersamaan dan bisa terhubung ke jaringan 3G. Ini tentu kabar baik buat kamu yang memang punya dua nomor dan enggan membawa dua handset. Tapi kedua kartu ini juga bisa jadi masalah, utamanya terhadap daya tahan baterai yang pasti lebih terkuras.

Di Zenfone 5 Asus membenamkan baterai Lithium Polymer 2110 mAh. Jika kamu hanya memakai satu slot SIM dan mengaktifkan data (3G) serta dipakai normal (telepon dan SMS) maka Zenfone 5 kira-kira bisa bertahan 10 hingga 12 jam. Waktu pakai ini bakal berkurang jadi 7 sampai 8 jam jika kedua slot SIM dipakai dan aktif menerima sinyal jaringan dan layar smartphone sering dihidupkan.

Dari pengalaman PCplus menggunakan Zenfone 5 dengan  satu kartu SIM dan menjalankan beragam aplikasi seperti Youtube, Facebook, Twitter, dan beberapa game (Cut The Rope2, Where’s My Water) secara intensif, baterai terkuras habis hanya dalam waktu 10 jam lebih.

Kapasitas baterai ini memang agak terlampau “ketat” untuk konfigurasi dua kartu SIM, apalagi jika data di keduanya aktif. Saran kami, jika ingin mendapat umur baterai yang lebih panjang, cobalah melakukan konfigurasi menggunakan fitur Asus Power Saver untuk menghemat baterai. Dengan satu kartu aktif dan fitur Power Saver hidup, Zenfone 5 mempu bertahan hingga lebih dari 12 jam.

Kinerja

Banyak orang penasaran dengan kinerja smartphone yang ramah kantong ini. Kebanyakan bertanya soal kinerja grafis saat bermain game. Nah, dari hasil uji PCplus menggunakan aplikasi NenaMark2, Quadrant Standard, Linpack, SmartBench 2012, Antutu dan 3D Mark, kinerja Zenfone 5 tercatat menyamai perangkat prosesor 4 inti non Intel.

Pengujian dengan langsung bermain game juga dilakukan PCplus. Ada 2 game yang dijalankan di Zenfone 5, RoboCop dan Spiderman. Keduanya berjalan baik, meski di game RoboCop kami masih merasakan sendatan halus, sementara di game Spiderman PCplus tidak menemui gangguan berarti.

Data lengkap dengan nilai masing-masing aplikasi pengujian bisa dilihat di akhir artikel ini.

Tanggapan Kamu

komentar


Pages 1 2 3 4 5 6 7