Tutorial Photoshop : Membuat Gambar Bola Sepak

hasil

Dalam rangka menyambut gelaran Piala Dunia 2014 di Brazil, kali ini PCplus akan memberikan panduan bagaimana membuat gambar sebuah bola sepak sederhana. PCplus menggunakan Photoshop versi CS3 tanpa menggunakan bantuan efek tambahan. Jadinya bisa diterapkan pula pada Photoshop versi lain. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat poligon

satu

Buat proyek baru, klik File>New, beri nama dan isi kolom sesuai dengan ukuran dan resolusi yang diinginkan. Pilih Polygon Tool pada Menu Tool dibagian samping kiri. Pilih warna dasar putih. Buat gambar poligon berukuran kecil pada kanvas sesuai gambar. Agar ukurannya sesuai, kamu bisa membuatnya sambil menekan tombol Shift. Klik kanan layer Shape 1, pilih Blending Options, pilih dan beri tanda centang pada Stroke. Buat Size menjadi 2 px, dan ganti warna ke pilihan hitam.

2. Gandakan poligon

dua

Buat motif bola dengan cara menggandakan poligon tadi. Klik ganda layer Shape 1, pilih duplicate layer, pilih Move Tool pada Menu Tool dan geser gambar poligon tadi, lakukan hingga seperti pada gambar berikut (buat duplicate layer hingga 5 layer).

3. Buat motif

tiga

Setelah terbentuk 5 poligon, gandakan lagi semuanya dan susun hingga berbentuk motif. Pilih dan blok ke 5 layer (duplicate layer), sambil menekan tombol ALT dan geser kelima poligon tersebut hingga membentuk motif. Lakukan lagi hingga sesuai dengan gambar.

4. Gandakan layer

empat

Pilih dan duplicate layer Shape 1 copy 2, pilih Styles dan pilih motif Blue Glass dan klik. Lakukan lagi pada duplicate layer Shape 1 copy 5, copy 8, copy 12, copy 15, copy 18, dan copy 22. Klik dan blok seluruh layer tersebut untuk menggesernya ke tengah kanvas. Klik kanan dan pilih Merge Layers.

5. Buat lingkaran

lima

Pada Menu Tool pilih Eliptical Marquee Tool, buat bulatan dengan posisi di tengah gambar. Agar tercipta bulatan yang sempurna, lakukan sambil menekan tombol Shift dan ALT. Pastikan Feather berukuran 0 px.

6. Bentuk bola

enam

Klik kanan di tengah-tengah bulatan tadi, pilih Layer via cut. Pada menu Layer, hilangkan tanda mata pada Shape 1 copy 24. Maka akan terbentuk sebuah bola dengan motif. Klik kanan Shape 1 copy 24 dan pilih Delete layer.

7. Efek bundar

tujuh

Pilih Layer 1, klik pada icon-nya sambil menekan tombol Ctrl sehingga bulatan akan timbul kembali. Pilih Filter>Distort>Spherize. Ubah ukuran hingga 33%. Klik OK.

8. Sempurnakan bola

delapan

Klik kanan Layer 1 pilih Blending Options, beri tanda centang pada Stroke. Buat Size menjadi 2 px, dan ganti warna ke pilihan hitam. Klik Select dan Deselect. Gambar bola sudah selesai namun agar menarik kamu bisa menambahkan background sesuai kreasi.

Tanggapan Kamu

komentar