Telkom Tingkatkan Jaringan Backbone Jawa

fiber opticJAKARTA, PCplus – Jaringan backbone Jawa, yang terbentang dari Jawa Barat sampai Jawa Timur dan menghubungkan seluruh kota besar di pulau Jawa, akan diperbarui Telkom. Kapasitasnya dijanjikan meningkat dari 10G menjadi 100G (gigabits per detik) di hampir seluruh jaringan dalam backbone Jawa.

Saat ini, solusi unggulan ZTE yakni pemusatan dense wavelength division multiplexing/optical transport (DWDM/OTN) sedang dalam proses penerapan ke dalam jaringan backbone Jawa. Berkat Guard Band dari ZTE, kedua sistem (100G dan 10G) akan dapat bekerja secara bersamaan di dalam satu jaringan fiber optik.

Dalam modernisasi jaringan backbone Jawa, ZTE menyediakan sistem ZXWM M920 DWDM. Sistem ini bermanfaat untuk membantu Telkom Indonesia membangun Bearer Network (DWDM/OTN) yang siap untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. Selain itu, bersama dengan ZTE NetNumenTM U31 NMS, kedua sistem ini akan memungkinkan pembangunan jaringan yang fleksibel, berdaya tahan tinggi, efisien, dan dapat dikelola dengan mudah untuk menerapkan berbagai layanan terbaru yang memanfaatkan teknologi 100G.

ZTE bukan cuma sekali ini mendukung Telkom, tapi sudah lebih dari 10 tahun. Mei 2004, mereka menjadi penyedia tunggal untuk membangun transmisi jaringan backbone Jawa yang menghubungkan seluruh kota-kota besar di pulau Jawa, yang dilanjutkan dengan pengerjaan

proyek peningkatan kapasitas tahap pertama pada jaringan backbone Jawa pada tahun 2005. Tahun berikutnya, ZTE menangani proyek JDCS submarine cable DWDM TK, dan jaringan backbone Jawa, ini adalah kali kedua ZTE membangun WDM backbone untuk Telkom Indonesia untuk proyek turnkey kabel bawah laut.

 

Tanggapan Kamu

komentar