Situs-situs Pionir di Internet

Where_the_WEB_was_born

kredit: http://wikimedia.org

Tim Berners-Lee mungkin tidak pernah membayangkan bahwa situs internet akan mengalami kemajuan yang sangat pesat. 25 tahun lalu, tepatnya 12 Maret 1989, ia lah orang yang mencetuskan infrastruktur World Wide Web (WWW). WWW awalnya dikembangkan oleh CERN yang bertujuan untuk memberikan fasilitas penyebaran informasi di antara peneliti. CERN sendiri merupakan organisasi Eropa untuk riset nuklir dimana tempat Tim Berners-Lee bekerja. Pada 20 Desember 1990, dibuatlah situs pertama yang hanya bisa diakses oleh kalangan terbatas. Barulah pada 6 Agustus 1991, WWW bisa digunakan oleh setiap orang. Dan revolusi internet pun dimulai.

Beberapa situs komersil mulai bermunculan dan masih menggunakan desain yang sangat sederhana. Meski beberapa diantaranya belum bersifat komersil, namun perkembangan yang makin pesat membuat diantaranya berubah haluan. Situs-situs pionir tersebut banyak yang masih berdiri hingga kini, bahkan mampu menjadikannya situs populer yang membuat pendiri nya menjadi kaya raya. Sebenarnya banyak situs yang bermunculan di era tersebut namun Infokomputer hanya akan menampilkan enam situs beserta sejarah singkat seputarnya.

Yahoo!

kredit: http://archive.org

kredit: http://archive.org

Sebelumnya eranya Google, Yahoo! yang diluncurkan pada tahun 1994 ini sempat merajai situs internet berkat layanan search engine dan menjadi salah satu situs paling populer sejagad. Nama Yahoo! Sendiri awalnya merupakan kependekan dari kata ‘Yet Another Hierarchical Officious Oracle” dimana pemilihan kata tersebut lahir dari ide David Filo dan Jerry Yang, dua pendirinya karena menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut. Berawal sebagai petunjuk halaman buku (bookmark), Yahoo! Berkembang pesat dengan berbagai cara yang dilakukannya, antara lain dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

eBay

kredit: www.mashable.com

kredit: www.mashable.com

eBay didirikan pada 3 September 1995 oleh Pierre Omidyar yang kala itu masih menggunakan nama AuctionWeb. Awalnya situs ini merupakan milik dari Echo Bay Technology Group yang merupakan firma konsultan milik Omidyar. Saat didaftarkan dengan nama echobay.com, nama tersebut ternyata sudah dimiliki oleh perusahaan lain, dan akhirnya dipendekkan menjadi eBay.com. Konsep awalnya dibuat sebagai situs lelang yang akhirnya berkembang lebih luas menjadi tempat bertemunya antar penjual dan pembeli dari seluruh dunia secara online. Barang pertama yang berhasil dilelang eBay adalah sebuah laser pointer rusak yang berhasil dimenangkan oleh seorang kolektor. (gbr.ebay – kredit: www.mashable.com)

IMDb

kredit: www.bitshare.com

kredit: www.bitshare.com

Internet Movie Database (IMDb) merupakan salah satu pusat informasi terbesar seputar Hollywood yang merupakan referensi bagi para moviegoers. Sebelum lahirnya IMDb, Usenet merupakan ajang berkumpulnya para penggemar film untuk berbagi informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan film. Dan pada September 1993, IMDb resmi diluncurkan dan menjadi situs pertama yang fokus pada hal tersebut.

MTV Online

kredit: www.mtv.com

kredit: www.mtv.com

MTV yang berdiri pada tahun 1981 makin memperluas jangkauannya dengan merambah ke internet. Domain MTV.com awalnya didaftarkan pada tahun 1993 oleh VJ Adam Curry, salah satu VJ MTV saat itu. Namun situs yang diluncurkan tersebut bukan merupakan situs resmi dari MTV melainkan hanya merupakan proyek sampingan yang dibuat oleh Adam Curry. Barulah pada pertengahan tahun 1990-an, MTV mengambil alih situs tersebut yang kemudian menjadi MTVonline.com. Tidak berlama lama nama situsnya kembali menjadi MTV.com dan menjadi situs resmi MTV yang menampilkan berbagai konten seputar musik dan acara yang dihadirkannya.

World Wide Web Worm

kredit: Dok.WWWW

kredit: Dok.WWWW

World Wide Web Worm (WWWW) merupakan situs search engine pertama di internet yang dikembangkan oleh Olivier McBryan pada September 1993. Meski demikian secara resmi situs ini baru dirilis dan bisa diakses secara umum mulai Maret 1994. Saat itu, WWWW memiliki 300.000 obyek multimedia yang bisa dicari atau ditemukan melalui kata kunci menggunakan alamat WWW. Berbeda dengan search engine masa kini, WWWW mendukung fitur dari bahasa pemrograman Perl yaitu regular expression (regex). Sayangnya situs yang beralamat di http://www.cs.colorado.edu/home/mcbryan/WWWW.html sudah tidak bisa diakses lagi.

FogCam

kredit: www.fogcam.com

kredit: www.fogcam.com

Sebelum lahirnya situs web, pengguna internet mengirim post menggunakan Usenet yang merupakan ajang diskusi bagi para komunitas pengguna internet. Di era 1990-an, saat situs mampu memfasilitasi mereka lebih baik lagi, internet tidak hanya mampu menampilkan gambar tetapi juga video streaming berbasis webcam. Dimulai pada tahun 1994, saat itu Jeff Schwartz dan Dan Wong, dua mahasiswa di Universitas San Francisco mempunyai gagasan untuk menampilkan suasana kampus mereka secara streaming. Dari sini lahir situs FogCam yang diklaim sebagai situs webcam tertua yang masih beroperasi hingga saat ini.

Nando Times

kredit: www.nando.net

kredit: www.nando.net

Nando Times merupakan salah satu situs berita pertama yang hadir secara online di internet. Adalah ide dari Frank Daniels III, seorang mantan editor surat kabar News & Observer di Raleigh, North Carolina. Nama Nando diambil dari singkatan News & Observer ( N and O = N dan O) yang mulai diluncurkan pada Agustus 1994. Pada saat itu berita-berita online yang ditayangkan selalu mengalami pembaruan tiap jamnya. Tidak hanya itu, Nando.net juga menjadi penyedia layanan internet pertama di North Carolina.

Tanggapan Kamu

komentar