Categories: Fitur

Kilas Balik Logo Microsoft Windows

Sebagai salah satu sistem operasi yang paling sukses (namun juga menuai banyak kontroversi), tidak bisa dipungkiri bahwa Windows besutan Microsoft, membawa perubahan besar dalam hal penggunaan komputer di seluruh dunia. Hampir tiap orang yang menggunakan komputer, pernah merasakan sistem operasi ini. Sejak generasi awal hingga kini, kehadirannya tetap dinanti dan banyak mendapat perhatian dari pemerhati dibidang teknologi. Dan yang menarik untuk diamati, setiap perubahan logo pada Windows terjadi saat diluncurkan sistem operasi terbaru. Dan sejak kehadirannya, sudah beberapa kali Windows hadir dengan logo khas yang menyertainya. Berikut kilas balik dari logo-logo dari sistem Windows hingga saat ini.

Windows

Pertama kali diluncurkan sebagai sistem operasi pada tahun 1983 dengan nama Windows tanpa embel-embel versi. Versi 1.0 sendiri baru diumumkan dua tahun kemudian seiring pula dengan logo pertamanya. Logo pertama ini sekilas mirip dengan logo Windows 8. Dengan desain sederhana berupa kotak dibagi empat namun dengan posisi yang tidak sama rata.

Windows 3.1/3.1.1

Berlanjut ke Windows 3.1 dan Windows 3.1.1, disini mulai digunakan 4 warna pada logo jendela beserta efek kibaran yang bermakna pergerakan. Sedangkan desain 4 warna dasar yaitu merah, hijau, biru dan kuning merupakan warna dasar yang dipilih karena dianggap sebagai warna yang memiliki kontras yang baik bagi mata.

Windows 95

Perubahan drastis terjadi pada sistem operasi dari versi 3.1 ke 95. Disini mulai diperkenalkan menu yang tersusun berdasarkan aplikasi yang bisa diakses melalui tombol Start. Logonya pun mulai ditampilkan mirip dengan Windows 3.1 namun dengan perubahan posisinya yang condong miring dengan latar belakang warna biru langit.

Windows 98

Windows 98 sebagai penerus 95 hadir dalam dua versi yaitu 98 dan 98SE (Second Edition). Meski demikian logo keduanya tetap sama. Mengalami sedikit perbaikan dari logo Windows 95 namun dengan nuansa latar biru langit yang lebih dinamis.

Windows ME

Windows ME (Millenium Edition) yang bisa dibilang versi Windows 98 namun dengan penambahan feature multimedianya memang terbilang tidak sukses. Namun disini mulai diperkenalkan feature lain yaitu system restore. Untuk itu logo ME dibuat bernuansa multimedia, dengan menambahkan tiga kotak yang mengiringi logo jendela ditengahnya.

Windows XP

Perubahan desain yang lebih modern mulai terjadi pada Windows XP. Disini mulai dikenal logo jendela dengan desain seperti kibaran bendera atau disebut pula Windows Flag. Tombol Start menggunakan desain yang lebih elegan serta sentuhan bernuansa 3D yang lebih menarik.

Windows Vista dan 7

 

Pada Windows Vista, logo Windows XP berada dalam satu lingkaran bernuansa gelas kaca berwarna latar biru. Hal ini menandai feature baru pada Windows yaitu efek Aero Glass. Dan karena Microsoft menganggap Windows Vista kurang berhasil, sebagai penerusnya Windows 7 masih menggunakan logo kibaran jendela, namun tanpa menggunakan lingkaran.

Windows 8/8.1

Pada Windows 8, Microsoft berupaya menciptakan sebuah logo yang bergaya modern, klasik namun tetap sederhana. Logo Windows 8 sendiri menegaskan bahwa logo ini merupakan sebuah jendela dan bukannya bendera, dimana logo sebelumnya menggunakan logo jendela tetapi dengan posisi seperti bendera berkibar. Logo Windows 8 dibuat agak miring mengarah ke atas yang juga merupakan simbol saat digunakan pada perangkat tablet. Microsoft juga menegaskan kesederhanaan logo baru ini menggambarkan sifat rendah hati namun percaya diri dengan kembali ke logo awal yang dimodernisasi.

 

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Recent Posts

Daftar Putar, Fitur Baru TikTok

Dengan fitur daftar putar atau playlists, pengguna lain yang datang ke akun kita dapat fokus…

1 week ago

Benchmark Performa Intel Iris Xe Max

Intel kembali memulai langkah pembuatan VGA discrete, alias VGA non onboard (bukan on chip atau…

2 weeks ago

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Jurusan IT

Di pasaran, pilihan laptop ada sangat banyak. Berbagai merek menawarkan produk dengan spesifikasi dan fitur…

3 weeks ago

VivoBook Flip 14 TP470 Laptop 2-in-1 Terbaru Asus

Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, laptop jenis convertible atau biasa disebut juga sebagai laptop 2-in-1…

4 weeks ago

Cara Mining Bitcoin Gratis Lewat Handphone

Tak hanya mining, di dalam aplikasi tersebut kita bisa juga membeli, menjual, menukar, hodl, belajar…

1 month ago

Manfaatkan dlvr.it untuk Jadwal Posting di Instagram

Penyedia layanan manajemen media sosial yang bernama dlvrit ini memiliki fitur untuk bikin jadwal posting…

1 month ago