Review Mobile Wi-Fi Huawei Jumper E5330

Hanya ada port microUSB di  badan Mi-Fi iHuawei Jumper E5330

Hanya ada port microUSB di badan Mi-Fi iHuawei Jumper E5330

Fisiknya kompak seperti kebanyakan router Mi-Fi (mobile Wi-Fi) lainnya. Persegi empat dengan ujung-ujung badan yang melengkung. Ia ringan dan pas dalam genggaman tangan.

Badan modem Huawei E5330 yang PCplus terima ini putih bersih. Sebuah jendela kecil berada di bagian tengah, memamerkan lima ikon (yang menyala) ketika modem bekerja. D lokasi sama terdapat pula tombol on/off. Di bawah jendela ini tertera gambar ‘kipas abu-abu’ dengan logo Huawei di bawahnya.

Sekujur badan router 3G ini bersih. Hanya ada sebuah port miniUSB di sisi bawah. Di ujung kanan ada ‘segaris’ lubang untuk menyelipkan kuku saat kamu ingin melepas cover perangkat ini. Tak ada apa-apa lagi.

Untuk menyalakan E5330 ini, masukkan dulu baterai dan SIMcard ke bagian belakang unit. Tapi sebelumnya jangan lupa mencatat SSID dan Wi-Fi key yang dituliskan Huawei di bagian dalam cover. Huawei E5330 mengemaskan baterai 1500mAh (5,6Wh). Dalam kondisi penuh, baterai disebutkan mampu diajak bekerja sampai enam jam.

Huawei menyebutkan, router Mi-Fi-nya mampu menyajikan kecepatan sampai 21Mbps. Ia bisa dikoneksikan dengan maksimal 10 perangkat. Huawei membundelkan kartu SIMcard Telkomsel (gratis 36GB selama 3 tahun, dengan kuota per bulan 3GB, yakni 2Gb data 3G dan 1Gb untuk GPRS) bersama Mi-Fi-nya dengan nama paket Huawei Jumper E5330.

Cover belakangnya mudah dicungkil. Di bagian dalam cover tercantum SSID dan WiFi key yang perlu dimasukkan ke perangkat yang akan dikoneksikan dengan E5330

Cover belakangnya mudah dicungkil. Di bagian dalam cover tercantum SSID dan WiFi key yang perlu dimasukkan ke perangkat yang akan dikoneksikan dengan E5330

PCplus mencoba paket ini pada beberapa perangkat: tablet Huawei Mediapad 7, tablet Advan T5A, smartphone Motorola RAZR XT910 dan netbook MSI Wind. Selain netbook yang ber-OS Windows XP, perangkat lainnya menggunakan OS Android. Tak ada kesulitan apa pun mengoneksikan semua perangkat ini secara bersamaan ke E5330.

PCplus menyalakan E5330 dengan menekan tombol on/off di pinggiran jendela. Saat dinyalakan lima lampu LED menyala hijau di jendela E5330.  E5330 lalu otomatis akan menciptakan hotspot Wi-Fi di sekitar unit. Berikutnya, PCplus mengaktifkan Wi-Fi di semua perangkat yang akan dikoneksikan. Semua perangkat diletakkan tidak berjauhan (dalam radius dua meter).

Setelah password dimasukkan di setiap perangkat, koneksi Wi-Fi pun terjalin dengan E5330 dan PCplus bisa berselancar di semua perangkat sekaligus.  O ya, sebelumnya ke smartphone Motorola RAZR XT910 PCplus sudah mengunduh software Huawei Mobile WiFi 2 dari Google Play Store. App ini bisa dipakai untuk memantau aktivitas Wi-Fi pada modem, seperti jumlah perangkat yang terkoneksi, jumlah data yang sudah dipakai, kapasitas baterai yang tersisa, dan kapasitas storage, dan lain-lain.

Menu Huawei WiFi2 app

Menu Huawei WiFi2 app

Ke masing-masing perangkat yang terhubung, PCplus mengunduh beberapa app dari Play Store. Kecepatannya lumayan,  kendati tak secepat klaimnya. Koneksi pun cukup stabil selama semua perangkat berada dalam jarak yang berdekatan. Sebab ketika PCplus menggeser salah satu perangkat di luar jarak dua meter dari E5330, sinyal Wi-Fi mulai timbul tenggelam, dan bahkan lenyap.

PCplus menyayangkan kapasitas baterai yang 1500mAh. Sebab sedang enak-enaknya streaming radio atau nonton film saat di jalan, baterai tahu-tahu melemah. Andai saja Huawei bisa mengemaskan baterai berdurasi lebih lama sehingga PCplus tidak harus mengecas baterai setiap lima jam. Apalagi pengisian ulang daya baterai melalui port mini USB-nya cukup memakan waktu.

Namum secara keseluruhan, Huawei Jumper E5330 ini menyenangkan. Ia kompak, enak dbawa-bawa, termasuk dalam saku baju atau saku celana. Penggunaannya pun sangat mudah. Bisa menjadi solusi ‘hemat’ ber-Internet, termasuk saat berada di luar negeri.

PLUS: Kompak, pengoperasian simpel, garansi 3 tahun.

 

MINUS: Kapasitas baterai kurang tinggi, paket bundling.

 

 

Rp 599.000 (berikut paket Telkomsel Jumper gratis Internet 36GB selama tiga tahun)

Garansi 3 tahun

www.huawei.com

 

SPESIFIKASI Huawei E5330

 

  • Communication System
UMTS/HSUPA/HSPA+GSM/GPRS/EDGE
  • Kecepatan
HSDPA 21.6Mbps/HSUPA 5.76Mbps
  • Displai
Lampu LED
  • Baterai
3,7 V, 1500 mAhKapasitas kerja maks.: 6 jamWaktu siaga maks.: 300 jam saat Wi-Fi dimatikan
  • Protokol Wi-Fi
802.11b/g/n
  • Jumlah koneksi Wi-Fi
Sampai 10 user/device sekaligus
  • Sistem operasi
Windows XP, Windows Vista,Windows 7,Windows 8,Mac OS X 10.5,Mac OS X 10.6,Mac OS X10.7,Mac OS X10.8
Dimensi (plt) 9,28x6x1,38 cm
Bobot termasuk baterai 120 gram

 

 

Tanggapan Kamu

komentar