Review Sony Xperia C

SonyXperiaC

Keinginan Sony Mobile untuk masuk ke dalam dua besar pemain gadget di Indonesia memang sangat serius. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya varian smartphone yang dihadirkan sejak tahun lalu, mulai dari kelas value sampai kelas premium. Meskipun begitu, produk untuk kelas menengah terbilang paling banyak dihadirkan Sony, seperti halnya Xperia C (model C2305) yang PCplus uji kali ini.

Pakem desain Xperia tetap dipertahankan Sony dengan sudut yang tegas, namun tidak tajam. Layar besar 5″ menjawab tren phablet yang kini berkembang. Sony Xperia C memiliki cover punggung dari plastik doff yang mencapai ke frame samping. Membuka casing jadi tidak semudah gadget serupa yang memakai cover model biasa. Sony pun lebih memilih menggabungkan baterai Li-ion 2390mAh ke badan smartphone. Kamu  tidak bisa melepasnya begitu saja untuk menggantinya.

Seperti halnya Sony Xperia tipe E dan M, seri C memiliki slot dual-SIM (micro) untuk kemudahan komunikasi suara dan data. Ada juga fitur Media Server agar konten multimedia yang tersimpan bisa dimainkan oleh peranti lain yang terhubung di jaringan Wi-Fi yang sama. Dibandingkan dengan Sony Xperia M, seri C ini terkesan “kalah” dalam hal koneksi (NFC), namun unggul dalam hal ukuran layar dan resolusi kamera.

Soal kamera ternyata menjadi kelebihan tersediri dari Sony Xperia C. Ia menyediakan panduan untuk selfie dengan lensa utama 8MP. Agar mendapatkan foto diri sendiri atau berpasangan dengan posisi yang tepat, smartphone bisa mengeluarkan suara untuk memandu penggunanya. Panduan ini tersedia dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. Lucu juga saat PCplus mencoba selfie dengan kamera belakang, Sony Xperia C mengatakan “Ayo..biar kelihatan. Jangan malu-malu.”

Berbekal prosesor Mediatek quad core 1,2GHz, Sony Xperia C bekerja cukup baik dengan daya tahan baterai yang mencapai setengah hari, tentunya dalam pemakaian normal. Dalam hal kinerja, fasilitas, dan harga, smartphone ini boleh diadu dengan Galaxy Grand, Lenovo S920, LG G Pro Lite, dan model lain dengan spesifikasi sekelas.

Selain menyajikan fasilitas khas gadget kelas menengah, fasilitas lucu selfie di Sony Xperia C memang sebuah fitur menarik.  Setidaknya kamu bisa bangga memiliki gadget unik yang bisa bicara kala saat kamu selfie.

 

www.sonymobile.com
OkeShop
(021) 29035108
Rp. 3.499.000,-
1 Tahun

 

 

SonyXperiaC-Inset1

Pilihan bidik foto diri sendiri (self-portrait voice guide) akan membantu mendapatkan posisi yang tepat dengan suara saat memotret dengan kamera utama/belakang.

SonyXperiaC-Inset2

Adanya Media Server memudahkan konten multimedia yang tersimpan di memori bisa dibagi-pakai oleh peranti lain yang terhubung pada jaringan WiFi yang sama.

 

 

Spesifikasi:

Prosesor MediaTek MT6589 1,2GHz

(quadcore ARM Cortex-A7)

Memori Utama 1GB
KartuGrafis PowerVR SGX544MP
Jaringan Selular GSM 850/900/1800/1900MHz

HSPA+/HSDPA 900/2100MHz

Media Simpan Internal 4GB
Wireless Wi-Fi (802.11 b/g/n), Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0, A-GPS, radio FM
Koneksi Lain micro USB
Kamera 0,3MP (depan) & 8MP (belakang)
Layar 5″ 540×960 piksel capacitive touchscreen
Bobot/Dimensi 153gr/14,2x 7,4 x0,89 cm
Sistem Operasi Android 4.2.2 (Jelly Bean)

 

 

Hasil Uji:

 

Antutu Benchmark 4.1.4        13.994

 

Quadrant Advanced 2.1

Total                3646

 

Linpack Android

Single Thread              38,66MFLOPS

Multi Thread               94,53 MFLOPS

 

Smartbench 2012

Productivity                3870

Games                         3175

 

NenaMark2.4              62,1fps

 

 

+ Desain bagus, layar besar, panduan selfie, kualitas audio, fitur dan aplikasi menarik, dukungan update, harga menarik.
–  Kualitas layar biasa, baterai non removable.

Rating: 8,1 – Hot

 

Tanggapan Kamu

komentar