Panduan Mahir Menggunakan Mouse

mouse

Setiap pengguna komputer pasti sudah mengetahui fungsi mouse yang memudahkan pekerjaan dalam menggunakan komputer. Namun tahukah kamu bahwa fungsinya tidak hanya bisa sekedar menekan tombol kiri dan kanan saja. Masih ada fungsi lain yang bisa kamu lakukan, entah itu dengan menekan kombinasi dari kedua tombol tersebut atau melalui bantuan tombol keyboard untuk mengaktifkan fungsi khusus. Mungkin beberapa fungsi yang akan ditampilkan berikut ini bukan merupakan hal baru, tapi setidaknya cara yang akan ditampilkan ini bisa sedikit menambah wawasan bagi yang belum mengetahuinya. Semua tip berikut berlaku pada sistem operasi Windows serta beberapa aplikasi lain. Berikut diantaranya:

Blok kalimat 

Trik ini merupakan cara paling umum yang mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Jika ingin memblok satu kalimat, bisa memanfaatkan bantuan tombol Shift. Caranya, tekan tombol Shift, klik pada awal kata (karakter pertama), lalu klik pada akhir kata (karakter terakhir).

Blok kata tertentu dalam suatu kalimat 

02

Untuk memblok sebagian kata-kata tertentu secara acak pada suatu kalimat, Anda bisa melakukan cara berikut. Klik karakter pertama dan geser hingga akhir kata, tekan Ctrl, dan lanjutkan ke karakter terakhir. Lanjut ke kata berikut dengan langkah yang sama.

Blok pada Word 

tiga

Pada Microsoft Word, jika hanya ingin memblok baris terdepan (secara vertikal), bisa sambil menekan tombol Alt. Tekan Alt klik kiri dan blok kata atau bagian yang diinginkan, lepas Alt dan lepas klik mouse.

Klik pada title bar 

Untuk menutup, memaksimal, serta meminimalkan tampilan jendela, banyak yang melakukan klik pada ikon maximixe, minimize, serta close. Namun ada cara alternatif yang bisa dilakukan. Caranya, klik ganda title bar untuk memaksimalkan atau meminimalkan tampilan jendela. Jika ingin menutup jendela, klik ganda pada ikon dari jendela tersebut.

Zoom In dan Zoom Out 

Saat menjalankan peramban atau aplikasi pembaca gambar (image viewer) semisal Windows Photo Viewer, Paint, atau ACDSee, Anda bisa melakukan Zoom In atau Zoom Out dengan cara menekan tombol Ctrl sambil menggerakkan tombol scroll mouse.

Buka tautan dengan bantuan Ctrl 

Saat mendapati sebuah link pada peramban, biasanya Anda akan melakukan klik kanan dan memilih Open Link in New Tab jika ingin menampilkannya pada tab baru. Cara yang lebih praktis yaitu cukup tekan tombol Ctrl dan langsung klik kiri untuk langsung membukanya pada tab baru.

Menutup tab pada peramban 

Salah satu cara cepat dalam menutup tab pada peramban, bisa dengan mengarahkannya ke tab yang dituju dan klik tombol tengah (scroll).

Fungsi tambahan saat klik kanan dengan menekan Shift 

delapan

Tahukah Anda bahwa saat melakukan klik kanan pada nama file atau folder sebenarnya masih ada fungsi yang tersembunyi? Untuk membuktikannya, Anda bisa membandingkan saat melakukan klik kanan pada file atau folder dengan sambil menekan tombol Shift atau tanpa menekannya. Disini akan terlihat perbedaan dimana dengan menekan tombol Shift akan tampil beberapa fungsi tambahan.

Klik saat drag and drop 

sembilan

Jika ingin memindahkan folder atau file menggunakan metode drag and drop, Anda bisa menggunakan klik kiri atau kanan. Keduanya memiliki fungsi yang sama, meski demikian saat melakukan dengan cara klik kanan, Anda akan mendapati pilihan terlebih dahulu sebelum file/folder tersebut dipindahkan.

Tanggapan Kamu

komentar