Ingin Dekati No. 1, Lenovo Targetkan 37 Kota

agus sugiharto lenovoJAKARTA, PCplus – Dua tahun lalu tidak banyak yang kenal, apalagi memakai, smartphone merek Lenovo di tanah air. Namun hari ini pengguna smartphone dari negara Tiongkok ini sudah jauh lebih banyak dan masih terus bertumbuh.

Menurut Agus Sugiharto (MIDH Business Head, PT Lenovo Indonesia) yang mengutipkan data lembaga survei IDC, saat ini Lenovo sudah menduduki posisi pangsa pasar smartphone no.2 di tanah air. “Kami sangat senang dengan respon yang sangat positif dari konsumen Indonesia terhadap produk smartphone Lenovo, yang telah menguatkan posisi Lenovo di pasar Indonesia dari sebuah brand yang tidak dikenal 2 tahun yang lalu menjadi pemain no.2 di pasar smartphone yang sangat kompetitif saat ini,” kata Agus dalam Business Update untuk Media di Jakarta (21/7/2014).

Penjualan smartphone Lenovo, ungkap Agus, sudah mencatatkan pertumbuhan dua digit di tiga kota: Jabodetabek, Jogjakarta dan Semarang. Namun Agus belum puas dengan pencapaian tersebut. “Masih banyak PR. Ada 37 kota  yang harus (tumbuh) dobel digit supaya posisi no. 2  semakin dekat dengan no.1,” katanya.

Agus mengatakan untuk mencapai target pertumbuhan dua digit, Lenovo akan secara agresif meluncurkan produk smartphone-nya, mulai dari yang low-end dengan harga di bawah Rp 1 juta sampai kelas hi-end. Di kelas hi-end,  Lenovo dijadwalkan akan meluncurkan S850 dan penerus Vibe Z, yakni Vibe Z2 Pro usai Lebaran nanti.

“Dari sisi harga akan agresif. Juga penetrasi atau distribusi. Akan lebih detil untuk naikkan pangsa pasar di luar tiga kota yang sudah dobel digit. Produk di kota A dan B belum tentu sama. Lihat permintaan lokal , mau ambil produk mana. Kami akan menyelam lebih dalam untuk mengetahui kekuatan daerah. Dalam waktu dekat akan ada kota-kota lain yang (tumbuh) dobel digit,” kata Agus tentang strategi pasarnya.

Saat ini, produk unggulan Lenovo antara lain adalah Lenovo Vibe Z, S860 dan S660 yang memiliki daya tahan baterai lama. Sementara di kelas low-end, produknya adalah A859, A526 dan A316i.

Medio Juni lalu, dalam acara peluncuran tablet Lenovo Tab A8, Rajesh Thadani (Country General Manager, PT Lenovo Indonesia) menyebutkan bahwa pangsa pasar Lenovo untuk smart connected devices di Indonesia mencapai 11%, alias 1,75 juta unit.

lenovo sayap ibuPada saat sama, Lenovo juga mendonasikan Rp 50 juta kepada yayasan Sayap Ibu.

Tanggapan Kamu

komentar