Microsoft akan Satukan Semua Windows-nya

windows-vistaJAKARTA, PCplus – Microsoft telah mengumumkan rencananya untuk menyatukan semua versi Windows menjadi satu OS. CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan pekerjaan untuk menyatukan Windows itu sudah dimulai.

“Dulu kami punya beberapa tim yang mengerjakan versi-versi berbeda dari Windows. Sekarang kami punya satu tim dengan arsitektur yang sama. Ini memungkinkan kamu menskalakan, menciptakan Universal Windows Apps,” kata Nadella seperti dilansir the inquirer.

Kendati versi-versi terpisah dari Windows akan tetap ada. Platform Universal Apps akan berarti bahwa semua perangkat, tak peduli ukuran fisik dan ukuran layarnya, akan mampu menjalankan program dan apps yang sama. Jadi nantinya kamu akan bisa menjalankan app yang diambil dari Windows store dengan mouse dan keyboard pada desktop. App yang sama juga bisa dijalankan dengan sentuhan jari di perangkat mobile.

Infrastruktur terpadu baru itu akan meluncur bersama Windows 9, yang dijadwalkan tahun depan. Ia mencakup Windows Phone, Windows RT dan Windows with Bing, yang kata Nadella akan hadir sesuai jadwal untuk Natal 2014.

Saat ini Microsoft sedang mengupayakan cara untuk mengembalikan dominasi sistem operasinya. Dibandingkan Windows 7, Windows 8.x kurang mendapat tanggapan positif. Pangsa pasar dunianya kurang dari 15%, tertinggal jauh dari Windows 7 yang bertumbuh di atas 50%. Sementara pesain Windows, Ubuntu Linux sudah menguasai 95% pasar berbasis mobile dan desktop code, dan berniat menjadi satu pada akhir tahun ini.

Tanggapan Kamu

komentar