Optimalkan Penggunaan Kamera Smartphone

kredit: www.youthwiz.com

kredit: www.youthwiz.com

Kamera di smartphone memiliki fungsi utama untuk mengambil foto, merekam video, atau melakukan video call. Dengan makin fleksibel fungsi kamera dan beragamnya aplikasi di Store (Android, iOS, hingga Windows Phone), kamu bisa memanfaatkannya selain daripada fungsi tadi. Dengan bantuan beberapa aplikasi pihak ketiga, kamu akan mendapati kamera dengan fungsi yang lebih beragam dan menarik. Tidak hanya itu, kamera tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal penting, seperti kamera pengintai untuk keamanan, dan lainnya. Berikut beberapa kegunaan lain yang bisa dimanfaatkan dari kamera smartphone:

Terjemahkan bahasa

satu

Ingin menterjemahkan bahasa asing dengan cepat? kamu bisa memanfaatkan kamera smartphone menggunakan aplikasi yang ada di Store. Contohnya, di Android dengan menggunakan aplikasi Google Translate, tinggal arahkan kamera ke tulisan, nantinya kamera akan memindai dan menterjemahkannya kata demi kata. Aplikasi yang digunakan bekerja menggunakan metode OCR (Optical Character Recognition) dan secara otomatis akan menafsirkan teks yang telah dipindai dan menterjemahkannya untuk kamu.

Menemukan lokasi yang telah ditandai

dua

Banyak aplikasi yang menemukan lokasi tertentu menggunakan kamera. Kamu tinggal mengarahkannya ke suatu lokasi dan nantinya aplikasi tersebut akan menemukan lokasi tempat-tempat menarik yang telah ditandai sebelumnya. Selain kamera, aplikasi tersebut biasanya memanfaatkan fungsi GPS pada smartphone. Misalnya pada aplikasi Yelp, melalui fitur Monocle, kamu akan mendapati lokasi-lokasi seperti rumah makan, hotel, atau tempat khusus lainnya. Tidak hanya itu, beberapa diantaranya juga akan menunjukkan arah sehingga tidak lagi membutuhkan bantuan peta. Beberapa contoh aplikasi lainnya yaitu Wikitude atau Layar.

Pencarian secara visual

tiga

Jika kamu menemukan suatu gambar menarik dan ingin mendapatkan informasi seputarnya, bisa memanfaatkan kamera menggunakan aplikasi seperti Google Googles. Kamu cukup memfoto gambar tersebut dan bermodalkan akses internet, aplikasi ini akan mendeteksi dan mencari keterangan seputar gambar tersebut. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencari lokasi menarik lain atau suatu produk.

Pengganti Scanner

empat

Kini, memindai dokumen tidak perlu menggunakan perangkat scanner. Meski kualitasnya tidak sebagus perangkat scanner sesungguhnya, paling tidak beberapa aplikasi menawarkan fungsi yang mirip dan kamu bisa melakukannya dengan lebih praktis. Aplikasi seperti Scan to PDF atau AirScan Mobile, memannfaatkan kamera smartphone untuk fungsi tersebut. Selain memindai dan menyimpannya ke format gambar, dengan fungsi OCR (Optical Character Recognition) aplikasi tersebut biasanya juga memiliki fungsi untuk menganalisa teks dan mengkonversinya ke format lain, seperti yang ditawarkan aplikasi Mobile OCR Free. Bahkan aplikasi berbasis cloud storage seperti Google Drive dan Evernote juga menawarkan fungsi pemindaian serta langsung menyimpannya disana.

Memindai kode QR

lima

Kode QR (Quick Response) sudah menjadi hal yang lazim digunakan oleh berbagai elemen dalam mencari informasi secara cepat. Media seperti surat kabar, iklan atau brosur, penjualan produk di supermarket, sampai hal-hal yang berhubungan dengan situs internet kerap memanfaatkan kode QR. Tapi ada cara yang lebih cerdas dalam memanfaatkan kode QR. Sebagai contoh, aplikasi Google Authenticator yang merupakan cara cepat untuk memasukkan krudensial, atau aplikasi AirDroid yang memanfaatkan kode QR untuk memasukkan password.

Kamera pengintai

enam

Karena juga memiliki fungsi yang mirip dengan webcam, manfaatkan kamera smartphone untuk mengintai situasi atau lokasi tertentu. Kamu bisa mengaktifkan webcam, komputer, dan internet, menggunakan aplikasi Android seperti Securet SpyCam atau IP Webcam, atau iWebCam dari iOS, Kamu bisa memantau kondisi ruang atau lokasi yang ditampilkan webcam dan mengaksesnya dari manapun melalui kamera smartphone. Beberapa fungsi dari aplikasi tersebut juga menyertakan fungsi untuk menangkap gambar dan merekam video.

Augmented reality

tujuh

Augmented reality adalah sebuah teknologi yang akan menampilkan benda 3D secara virtual dengan dunia nyata. Menggunakan aplikasi Augment, smartphone akan merefleksikan obyek 3D dari obyek yang sudah di-track. Jadi seakan-akan kamu sedang melihat suatu benda meski sebenarnya itu hanyalah benda virtual saja.

Tanggapan Kamu

komentar