Emulator Android Keren Buat Komputer

Ragam sistem operasi pada smartphone atau tablet (khususnya Android) memang bisa membuat pengguna penasaran untuk mencobanya. Dengan bantuan aplikasi emulator, kamu bisa mencoba aplikasi Android dan menjalankannya di komputer.

Baca Juga: Membuka dan Membuat File ZIP di Android

Berbeda dengan aslinya, aplikasi emulator memang memiliki keterbatasan dimana tidak semua fungsi bisa dijalankan. Namun paling tidak, kamu sebagai pengguna bisa mencoba dan mendapatkan gambaran dari sistem Android yang akan digunakan. Meski beberapa diantaranya masih dalam tahap uji coba, tidak ada salahnya untuk mencobanya sehingga bisa menjadi acuan untuk memilih platform mana yang tepat untuk kamu. Berikut diantaranya:

BlueStacks
Emulator Android untuk komputer, Bluestacks

BlueStacks merupakan emulator untuk Android yang paling terkenal. Dengannya, kamu seakan-akan sedang menjalankan perangkat tablet melalui PC. Hingga kini BlueStacks mengklaim telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna terhitung sejak diluncurkan pertama kali ke publik melalui versi Alpha pada 11 Oktober 2011. Selain banyaknya aplikasi yang didukung, kemudahan instalasi dan pengoperasian menjadikannya disukai pengguna. BlueStacks tersedia untuk PC berbasis sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, dan juga untuk Mac OS X.

BlueStacks juga disebut sebagai App Player. Dari sini kamu bisa menjalankan hampir semua aplikasi yang dapat dijalankan pada perangkat tablet. Tentunya, bergantung dari tuntutan sistem yang dibutuhkan oleh masing-masing aplikasi. Untuk mendapatkan aplikasi, kamu tidak hanya bisa mencarinya melalui Google Play. BlueStack telah menyediakan pilihan aplikasi pada tampilan awal menu. Jadi kamu tidak akan kesulitan dan bisa langsung mengunduhnya.

YouWave
Emulator Android Youwave cocok dipakai di komputer

Berbeda dengan BlueStacks dari sisi tampilan, YouWave memiliki tampilan layaknya sebuah tablet sesungguhnya. Sehingga bagi pengguna tablet akan lebih familiar dalam mengoperasikannya. Sayangnya, YouWave merupakan aplikasi berbayar yang tersedia dalam dua versi yaitu Basic Edition dan Home Edition.

Perbedaannya adalah Basic Edition merupakan emulator untuk Android 2.3 Gingerbread dan Home Edition merupakan emulator untuk Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Home Edition memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dibanding Basic Edition. Namun bagi yang ingin mencobanya terlebih dahulu, YouWave membolehkan kamu untuk mencobanya dengan bebas dan gratis selama 10 hari bagi keduanya.

Pemasangan aplikasi bisa dilakukan melalui menu Online Content yang menyediakan beragam aplikasi dari 1Mobile, Appoke Market, dan Google Play. Kamu juga bisa menginstal aplikasi melalui file tersendiri berformat APK. YouWave merekomendasikan situs www.getjar.com dan www.slideme.org. Nantinya file APK yang telah diunduh bisa kamu pindahkan ke folder yang telah disediakan YouWave dan jalankan dari aplikasi.

Android-x86
Androidx86-boot

Bisa dibilang Android-x86 merupakan sistem operasi Android seutuhnya yang telah diporting sehingga bisa dijalankan melalui PC. Aplikasi ini merupakan proyek dari komunitas open source yang akan menampilkan seluruh fungsi umum pada Android. Meski demikian, ia tetap memiliki beberapa keterbatasan dibanding sistem pada perangkat smartphone atau tablet.

Android-x86 berbentuk file ISO, bisa dijalankan melalui beberapa cara. Kamu bisa mekarkan ke flashdisk dan lakukan booting dari sini. Atau bisa menginstalnya melalui VirtualBox, atau dengan menginstalnya langsung ke PC. Google menyediakan porting berbagai versi Android, dan yang teranyar telah tersedia porting Android 4.4.1 KitKat. Jadi cocok bagi kamu yang ingin mencoba sistem operasi Android lawas dan baru.

Android SDK
AndroidSDK

Aplikasi ini merupakan satu-satunya emulator keluaran Google yang memiliki banyak fungsi. Diantaranya sebagai aplikasi yang bisa digunakan para pengembang untuk menjalankan aplikasinya secara simulasi. Atau untuk mengoprek sistem Android yang digunakan, serta masih banyak lagi. Dan salah satu yang bisa kamu coba adalah sebagai emulator Android.

Tidak heran, untuk menggunakannya, kamu membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam mengenai sistem Android, berbeda dengan BlueStacks atau YouWave yang telah dilengkapi dengan GUI yang memudahkan. Jika ingin mengetahui dan belajar banyak, kamu bisa mendapatkan informasinya melalui forum diskusi di internet. Jika sudah lebih mahir, kamu akan mendapati aplikasi ini memiliki kegunaan yang lebih berarti dibanding hanya sebagai sekedar emulator saja.

Demikian beberapa aplikasi emulator Android yang bisa dipakai untuk komputer kamu di rumah atau kantor. Kira-kira, mana yang jadi favorit kamu?

1 thought on “Emulator Android Keren Buat Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version