Mau Ranking Pencarian Naik? Situs Web Disarankan Beralih ke HTTPS

httpsJAKARTA, PCplus – Situs web yang mau ranking hasil pencariannya di Google naik kini disediakan jalan oleh Google. Yakni dengan menggunakan HTTPS, bukan HTTP.

HTTPS merujuk ke Hypertext Transfer Protocol Secure, yakni protokol komunikasi untuk komunikasi yang aman dalam jarngan komputer. Penggunaan HTTPS dianggap mampu mencegah penyadapan (wiretapping) dan serangan man in the middle cyber.

Google menyebutkan, insentif ranking yang lebih tinggi dalam hasil pencarian ini bertujuan meningkatkan keamanan di seluruh jaringan dan mencegah potensi pemantauan data. Karena itulah Google ingin mendorong enkripsi HTTPS di seluruh industri dan akan mencoba mendongkrak pemakaiannya dengan menghadiahi pada pengadopsinya dengan trafik yang lebih banyak.

“Kami juga sedang bekerja untuk membuat internet lebih aman. Bagian besar dari hal itu adalah memastikan bahwa situs-situs web yang diakses orang dari Google aman. Contoh, kami telah menciptakan sumberdaya untuk membantu para webmasters mencegah dan memperbaiki celah-celah sekuriti di situs-situs mereka,” tulis Google dalam posting blog-nya.

“Kami juga melihat semakin banyak webmaster mengadopsi HTTPS di situs web-nya, yang menggembirakan. Karena alasan ini, beberapa bulan terakhir kami melakukan pengujian dengan situs-situs yang menggunakan koneksi terenkripsi, aman sebagai sinyal dalam algoritma ranking-pencarian kami.”

Google mengatakan hasil pengujiannya positif dan karenanya ia mulai menggunakan HTTPS sebagai sinyal ranking. “Kami akan mendorong semua pemilik situs web untuk pindah dari HTTP ke HTTPS sehingga semua orang aman di web,” kata Google.

Tanggapan Kamu

komentar