Pasar Global Blackberry Menciut

BlackBerry-Logo-Mobile-20121JAKARTA, PCplus – Pasar smartphone makin besar setiap tahun. Menurut lembaga Strategy Analytics, pengapalan smartphone di seluruh dunia tumbuh 27% per tahun dari 233 juta unit menjadi 295,2 juta unit. Pangsa pasar iOS dan Android bertumbuh selama kuartal kedua tahun ini.

Kendati angka penjualan smartphone meningkat, sepertinya tidak banyak yang memilih Blackberry. Strategy Analytic mengungkap, pangsa pasar Blackberry menyusut ke hanya 0,6% pada kuartal kedua ini, dengan jumlah pengapakan 1,9 juta smartphone. Padahal pada kurun yang sama tahun lalu, penjualan per kuartal Blackberry mencapai 5,7 juta, atau 2,4% pangsa pasar smartphone global.

Woody Oh (Director, Strategy Analytics) mengatakan, “Blackberry melihat pangsa pasar smartphone globalnya merosot dari 2% menjadi 1% tahun lalu akibat lemahnya jajaran perangkat BB10.”

Kalau pasar Blackberry makin sepi, kebalikannya terjadi dengan Android dan iOS. Keduanya justru bertumbuh pada kuartal kedua. Android meraja, menguasai 84,2% pasar smartphone global dengan pengapalan 249,6 juta smartphone. Angka ini naik dari 80,2% pada tahun lalu.

Apple, menurut Strategy Analytics, mengapalkan 35,2 juta iPhone, yang setara dengan 13,5% pangsa pasar. Angka ini juga tumbuh dari perolehan Apple tahun lalu, yaitu 11,9%.

Bagaimana dengan Microsoft Windows Phone? Windows Phone menguasai hanya 2,7% pasar pada kuartal kedua ini, turun dari angka 3,8% yang dicatatkannya tahun lalu.

Tanggapan Kamu

komentar