UKM pun Bisa Manfaatkan Simpana

daniel ng commvaultJAKARTA, PCplus – Urusan pengelolaan data bukanlah cuma urusan perusahaan skala besar, korporat atau enterprise. UKM (usaha kecil menengah) pun memproduksi data dan diharapkan bisa mengelolanya dengan baik. Jika dikelola dengan baik, dan bukannya sekadar dikumpulkan, lalu di-backup, data sejatinya bisa menjadi mesin uang.

Salah satu hambatan di kalangan UKM dalam pengelolaan data adalah anggaran. Karena itulah, CommVault kini menyiapkan set-set solusi bagi UKM. Tujuannya, kata Daniel CF Ng (Senior Director, Marketing & Business Development, CommVault), agar UKM juga bisa menikmati kemudahan solusi pengelolaan data Simpana tanpa harus membayar mahal seperti paket enterprise yang ada selama ini.

Untuk tahap awal, paket solusi itu dibagi dalam empat tawaran: e-mail archive, virtualisasi, end-point protection, dan mobility. E-mail archive, jelas Daniel, penting karena ada perusahaan yang harus tunduk pada regulasi pemerintah, seperti perbankan dan pengacara. Sementara untuk virtualisasi, CommVault akan menawarkan virtualisasi storage yang bekerja dengan VMWare, juga Microsoft Hyper-V. “Certified di Microsoft dan nyaris semua hardware dan software platform,” kata Daniel.

“Tetap satu entry platform. Cocok bagi UKM,” tambah lelaki asal Malaysia itu. “Nantinya akan ada yang lain, tergantung pada permintaan kustomer,” kata Daniel,

Selain solution sets bagi UKM, CommVault juga berencana masuk ke bidang data analytics platform. “Tapi skalanya tidak akan seperti SAS. Lebih ke platform agar user bisa membuat analitiknya sendiri. Masih dalam 12 – 18 bulan mendatang,” kata Daniel.

Tanggapan Kamu

komentar