Intel Atom untuk Perangkat Mobile

Perlahan tapi pasti, Intel terus berupaya untuk menembus pasar gadget seperti smartphone dan tablet yang semakin populer beberapa tahun belakangan ini. Siapa sangka, Intel yang menjadi produsen terbesar untuk prosesor desktop dan server, juga ikut bertarung pada segmen perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Debut Intel di perangkat smartphone dan tablet sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2013 lalu. Mungkin sebagian dari kamu masih ingat, saat itu Acer meluncurkan smartphone Android Liquid C1. Smartphone Acer Liquid C1 ini merupakan salah satu dari beberapa gadget pertama yang menggunakan prosesor Intel pada dapur pacunya. Saat itu, Intel menghadirkan prosesor Atom Z2420, prosesor single core yang juga dilengkapi dengan teknologi Hyper Threading khas Intel yang memungkinkan pemrosesan paralel.
dfplanjqer4

Perjalanan Intel berlanjut saat Intel menghadirkan platform Clover Trail di tahun 2013. Di platform Clover Trail ini Intel menghadirkan solusi prosesor Intel Atom dengan dua inti (dual core) yang tetap dilengkapi dengan teknologi Hyper Threading. Intel menghadirkan beragam varian prosesor untuk platform Clover Trail ini. Beberapa smartphone yang menggunakannya antara lain Lenovo K900 dan Asus Zenfone 4, 5, dan 6 yang begitu populer itu.dfplanjqer3

Selain smartphone, varian prosesor Intel Atom juga digunakan pada tablet. Samsung Galaxy Tab 3 10.1 merupakan salah satu tablet Android yang menggunakan prosesor tersebut. Dan bukan hanya untuk Android, karena Intel Atom ini merupakan sebuah prosesor x86 yang serupa dengan prosesor yang digunakan pada desktop dan notebook, maka prosesor ini juga digunakan pada banyak varian tablet serta 2 in 1 yang berbasis Windows, sebut saja HP Envy, Dell venue, serta beberapa varian Acer Iconia.

Memasuki tahun 2014, Intel semakin percaya diri dengan menghadirkan platform Bay Trail. Dengan arsitektur baru yang lebih segar, cepat, dan efisien, Bay Trail mampu memberikan kinerja yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dan serupa dengan Clover Trail, Bay Trail juga tersedia untuk smartphone dan tablet. Saat ini kamu telah bisa menjumpai banyak tablet Windows 8.1 yang menggunakan prosesor Bay Trail ini.
dfplanjqer2Dan seperti yang PCplus telah utarakan di atas tadi, basis Intel Atom sebagai sebuah prosesor x86 ini membuatnya bisa menjalankan Windows serta Android. Jadi, bisa saja nanti kamu akan melihat produsen yang menghadirkan sebuah perangkat mobile yang menghadirkan Android serta Windows sekaligus dalam satu perangkat.

Tanggapan Kamu

komentar