Layanan Online Untuk Kompresi Gambar

ilustrasi

Kompresi pada gambar terkadang memang diperlukan pada situasi tertentu. Ada banyak aplikasi yang menawarkan kompresi gambar, namun tidak sedikit pula situs yang menawarkan fungsi tersebut. Salah satu keunggulan menggunakan layanan online adalah prosesnya bisa dilakukan secara instan dan lebih cepat. Dari sekian banyak situs yang ada, ada diantaranya yang menawarkan kemampuannya dalam melakukan kompresi gambar tanpa mengorbankan kualitas gambar awal. Nah, berikut beberapa situs yang bisa kamu coba:

1. TinyPNG

satu
TinyPNG merupakan salah satu situs yang menawarkan layanan untuk kompresi gambar secara efektif. Sesuai namanya, situs ini hanya bisa melakukan kompresi file berekstensi PNG saja. Situs ini membatasi jumlah file hingga 20 gambar dengan masing-masing file berukuran tidak lebih dari 5 MB. Jika ingin mengecilkan ukuran file PNG, TinyPNG sangat cocok untuk kamu.

2. JPEGmini

dua
Jika file berekstensi JPEG yang ingin kamu kecilkan ukurannya, maka JPEGmini-lah pilihannya. Menawarkan kemampuan yang baik, situs ini mengklaim mampu mengecilkan ukuran file hingga 5 kali tanpa menurunkan kualitas. Hanya saja prosesnya tidak dilakukan secara online melainkan melalui aplikasi yang mesti kamu pasang. JPEGmini tersedia dalam tiga versi, yaitu Standar, Pro, dan Server.

3. Webresizer

tiga
Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah situs Webresizer. Situs ini bisa melakukan kompresi secara online dan mendukung format gambar berekstensi GIF, JPG, dan PNG. Selain kompresi, pengguna juga bisa melakukan penyuntingan sederhana dengan tersedianya beberapa fitur seperti crop, rotate, contrast, exposure, menambahkan border, serta komparasi file.

4. CompressJPEG  / CompressPNG

empat
Kedua situs ini dibuat oleh pengembang yang sama namun dengan dukungan format gambar yang berbeda, sesuai dengan namanya. Situs ini menawarkan pengguna untuk mengkompres gambar hingga 20 file sekaligus. Kamu bisa langsung melakukannya dengan mengunggah file yang dimaksud dan akan langsung diproses secara langsung. Hebatnya lagi, prosesnya mampu berjalan dengan lancar dan cepat.

5. Smush.it

lima
Situs ini mengklaim mampu mengecilkan ukuran file suatu gambar dengan metode menghilangkan beberapa byte yang tidak diperlukan, tanpa mengurangi kualitas secara drastis. Format gambar yang didukungnya yaitu JPG, PNG, dan GIF. Proses kompresi bisa dilakukan dengan mengunggah suatu gambar atau dengan cara menampilkan alamat situs yang berisi gambar yang akan kamu kecilkan ukurannya.

Tanggapan Kamu

komentar