Friday, April 19, 2024
Berita Teknologi

Apple Watch, Cerdas dan Cantik

Apple Watch hadir fashionable dalam berbagai pilihan casing dan tali jam sesuai keinginan pengguna
Apple Watch hadir fashionable dalam berbagai pilihan casing dan tali jam sesuai keinginan pengguna

Jakarta – PCplus, Meski terbilang bukan yang pertama mengeluarkan smart watch, namun Apple kali ini mencoba tampil beda dari pendahulunya. Sebab, bukan cuma menawarkan kecanggihan yang berguna tapi juga menawarkan berbagai pilihan rancangan apik yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna. Satu hal yang jarang didapatkan dari perangkat wearble vendor lainnya. Tak heran Apple menyebut Apple Watch sebagai jam tangan untuk semua orang.

Apple Watch ditawarkan dalam tiga varian; Apple Watch, Apple Watch Sport, dan Apple Watch Edition. Tiga varian ini berbeda dari segi bahan pembuatnya. Apple Watch dengan case yang terbuat dari custom alloy stainless steel dan layar berlapis safir. Koleksi Apple Watch Sport dengan layar kaca Ion-X yang dikeraskan. Berbalut casing aluminium anodized yang diklaim 60% lebih keras dari alloy standar. Perpaduan ini membuat jam tangan ini lebih ringan dan tahan lama bagi mereka yang gemar kegiatan luar ruang. Sementara untuk Apple Watch Edition, casingnya terbuat dari emas 16 karat yang dibuat dua kali lebih kuat dari emas biasa.

Bukan cuma material pembungkus jam yang bisa diubah sesuaikan, Apple juga menyediakan enam jenis tali jam berbeda. Mulai dari berbahan plastik khusus, stainless steel, maupun kulit. Menyesuaikan dengan ukuran lengan yang berbeda, Apple Watch tersedia dalam dua ukuran, berikut dengan ukuran tali jam yang sesuai.

Digital Crown dibagian samping jam untuk membantu navigasi dan tombol kontak dibagian bawahnya
Digital Crown dibagian samping jam untuk membantu navigasi dan tombol kontak dibagian bawahnya

Apple Watch dirancang seperti jam tangan umumnya yang punya tombol putar disampingnya. Namun ukuran tombol putar yang lebih besar dari ukuran normal, mengesankan tampilan retro pada jam tangan ini. Sudut-sudut jam juga dibuat melengkung sehingga menguatkan kesan itu. Tombol putar dibagian samping jam itu disebut Digital Crown. Fungsinya untuk membantu navigasi. Tombol dapat diputar untuk melakukan zoom-in dan zoom-out pada layar. Tombol juga berfungsi sebagai tombol home jika ditekan. Dibawah Digital Crown, terdapat tombol yang berfungsi untuk membuka kontak.

User interface perangkat ini dirancang berbeda dari iPhone. Alasannya, tiap perangkat punya bentuk dan fungsi berbeda, sehingga perlu antarmuka berbeda pula. Sehingga, dengan Watch OS, Apple tidak mengorbankan kenyamanan pengguna. Apple Watch juga menggunakan layar retina display dengan lapisan sensitif “Force Tounch” yang bisa membedakan sentuhan dan tekanan. Bagian dalam perangkat ini, dilengkapi dengan “Taptic Engine” dan built-in speaker. Gunanya memberi peringatan ke lengan pengguna. Otak dibalik pernagkat ini adalah sebuah chip tunggal milik Apple yang diberi kode S1.

Gyroscope dapat mengecek aktivitas harian kamu dan datanya digunakan untuk aplikasi kesehatan
Gyroscope dapat mengecek aktivitas harian kamu dan datanya digunakan untuk aplikasi kesehatan

Perangkat ini juga dilengkapi sensor untuk mendeteksi detak jantung, accelerometer untuk mengukur aktivitas harianmu, juga GPS untuk melacak jarak yang sudah kamu tempuh untuk aktivitas yang tak bisa diukur dengan langkah kaki, semisal saat tengah bersepeda. Semua informasi yang didapat dari sensor ini bisa dihubungkan dengan aplikasi kesehatan yang ada di Apple Watch atau dibagi dengan aplikasi kesehatan lainnya di iPhone.

Sebab, Apple Watch dirancang sebagai perpanjangan iPhone. Untuk terhubung dengan iPhone, Apple Watch menggunakan
Wifi 802.11b/g dan Bluetooth 4.0. Lewat perangkat ini, Anda bisa langsung menjawab ketika ada panggilan masuk atau ingin membuat panggilan. Mengirim pesan, baik melalui layanan perpesanan, media sosial, atau lainnya. Sebab, tak memiliki keyboard maka Siri-lah yang akan menuliskan pesanmu. Untuk pengisian daya, Apple Watch menggunakan teknologi MagSafe yang digabungkan dengan pengisian induksi (tanpa kabel). Apple Watch akan tersedia awal 2015 seharga US$349.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Komentar kamu