Mau Gusur IE, Mozilla dan Opera Update Web Browser

Internet Explorer11JAKARTA, PCplus – Mozilla dan Opera sama-sama telah memperbarui web browsernya yang berversi stabil. Untuk PC desktop, Mozilla baru saja membesut Firefox 32. Versi mobile Android-nya pun dijanjikan segera hadir.

Di Firefox 32, kebanyakan perubahan bersifat internal, seperti caching HTTP yang aktif secara default dan proses pengumpulan sampah. Selain itu ada tweak-tweak kecil untuk password manager dan add-on manager.

Sementara ini Firefox 31 tetap menjadi unduhan default di kanal yang stabil. Namun versi beta dari Firefox 32 disebutkan sudah mencapai tahap final.

Bagaimana dengan Opera? Versi terbarunya adalah 24, yang front end-nya lebih hot dengan tambahan tab preview. Jika kamu mengambangkan kursor di atas tab yang terbuka tapi tersembunyi, Opera sekarang akan menunjukkan apa yang ada di dalamnya tanpa mengubah fokusnya. Ini bisa bermanfaat kalau kamu mau dengan cepat mengecek Facebook tanpa pindah dari apa yang sedang kamu kerjakan saat ini.

Yang juga baru adalah layar dengan densitas tinggi. Opera sekarang akan me-render webpages dengan ketajaman yang sesuai, dan bukannya hanya menskalakan page tersebut.

Apa lagi? Private browsing kini diberi tambahan privasi dengan warna latar belakang yang jelas. Jadi kamu bisa benar-benar tahu apa yang harus dibuang sebelum ada orang lain yang mendekat.

Akankah semua perubahan yang dilakukan ini berhasil menumbangkan dominasi IE? Kita lihat saja. Menurut Net Applications, sampai saat ini IE tetap merupakan browser yang paling populer dengan pangsa pasar 58,46%. Chrome menguasai 19,61%, diikuti oleh Firefox dengan 15,23% dan Opera (yang juga berbasis Chromium engine) tertinggal dengan pangsa 0,96%.

Versi IE yang paling populer adalah versi 8 (IE8) dengan pangsa pasar 21,4%. Ini menarik karena dukungan resmi untuk IE 8 belum lama ini telah dihapuskan oleh Microsoft.

Tanggapan Kamu

komentar