Mercy dan Audi itu Meluncur tanpa Disetir Pengemudinya!

Big_Self_Driving_CarJAKARTA, PCplus – Apa yang kamu rasakan jika melihat mobil tanpa supir melintas di jalan umum? Takut? Atau justru tergelitik untuk memiliki mobil seperti itu?

Di California, AS, mobil tanpa pengemudi (self-driving vehicle) seperti ini sudah bisa kamu temukan di jalan-jalan umum di California, AS. Tidak melanggar hukum loh! Sebab California memang telah mengeluarkan ijin bagi self-driving vehicles untuk beroperasi di jalan-jalan umum.

Namun ada prasyarat yang harus dipenuhi dan juga biaya bagi self-driving vehicles. Untuk mendapatkan ijin bagi 10 mobil dan 20 pengemudi, kamu harus membayar US$150. Kalau mau tambah 10 pengemudi lagi, ada tambahan biaya US$50. Selain itu peraturan baru di California mengharuskan pengemudi untuk ada secara fisik atau secara aktif memantau operasi kendaraan dan mampu mengambil alih kendali fisik kendaraan tersebut. Ini walaupun bukan dia yang menyetir.

Karena itulah, kamu akan melihat setir dan sistem rem di self-driving car milik Google. Namun aturan yang mengatur pengujian self-driving car untuk penggunaan publilk sendiri masih digodok oleh DMV. Diharapkan peraturan tersebut akan bisa diberlakukan pada 1 Januari 2015.

Saat ini California sudah mengeluarkan ijin pengujian self-driving car di jalan umum untuk tiga perusahaan: Google, Mercedes dan Volkswagen Group of America. Dan ada sejumlah perusahaan lain yang juga mengajukan ijin tersebut.

Tanggapan Kamu

komentar