Apa Yang Baru di iOS 8?

ios8-new

Gelaran acara Apple WorldWide Developers Conference (WWDC) 2014 pada 2 Juni lalu menjadi waktu yang dipilih Apple dalam memperkenalkan sistem operasi terbarunya yaitu iOS 8. Meski demikian versi finalnya sendiri baru dirilis pada 17 September 2014 berbarengan dengan diluncurkannya iPhone 6. Selain itu iOS 8 ini mendukung pula perangkat Apple lawas lainnya seperti iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPod touch 5th generation, iPad 2, iPad with Retina display, iPad Air, iPad Mini, dan iPad Mini with Retina display. Kehadiran iOS 8 tentu saja banyak membawa beberapa perubahan serta pembaruan yang menarik untuk disimak. Dari sekian banyak fitur yang ada, berikut beberapa diantaranya:

Kapasitas cloud

Aplikasi foto mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan. Kini Anda bisa menyimpan foto lebih banyak di ‘awan’ melalui layanan iCloud Drive. Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB secara gratis. Jika kurang, Anda bisa menambahkan 20 GB dengan berlangganan sebesar US$ 0,99 perbulan hingga kapasitas 1 TB. Fitur Smart Editing juga lebih disempurnakan dimana bisa menyelaraskan penyuntingan foto dari antar perangkat.

Keyboard QuickType

ios8-keyboard

Meski di Android bukan merupakan hal baru, iOS 8 memperbarui fungsi keyboard dengan nama QuickType yang diklaim akan membuat pengguna lebih cepat, mudah, dan akurat saat mengetik. Pengguna akan mengetik kata atau kalimat lebih cepat berkat beberapa pilihan kata yang langsung tampil saat mengetik suatu huruf atau kata tertentu. QuickType juga akan mempelajari kebiasaan Anda dalam menggunakan kata atau kalimat yang sering digunakan. Selain itu, kini Apple memperbolehkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi keyboard bagi iOS 8.

Fitur-fitur baru kamera

Apple menghadirkan aplikasi kamera dengan tampilan antar muka yang tetap sederhana namun dengan beberapa fitur tambahan yang menarik. Pengguna akan mendapatkan beberapa pilihan yang hanya ada di iOS 8, seperti three dan ten-second timer serta time-lapse capture untuk merekam video. Aplikasi kamera juga menambahkan fitur pengaturan focus dan exposure controls yang bisa dikendalikan secara mandiri.

Notifikasi interaktif

ios8-notif

Kini Anda bisa langsung membalas SMS, email, Facebook, ataupun Twitter, langsung dari notifikasi yang masuk, tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang Anda jalankan. Contohnya, saat layar dalam kondisi terkunci, Anda tidak menggeser pesan ke arah kiri akan menampilkan tombol Reply/Dismiss tanpa Anda harus meng-unlock layar. Dan jika Anda khawatir akan masalah keamanan, bisa mematikan fitur ini dengan mudah.

Safari terbaru

Safari memang mendapati banyak perbaikan dan pembaruan sejak di iOS 7, dan hal ini makin ditingkatkan pada iOS 8. Safari memiliki lebih banyak pilihan yang fleksibel pada mode Private browsing dimana akan memisahkan tab saat menjelajah pada mode biasa dan mode private. Untuk mesin pencari, secara default digunakan DuckDuckGo sebagai alternatif Google. Pengguna juga mempunyai pilihan untuk menentukan tampilan web versi desktop pada tiap situs yang Anda buka.

Fitur Continuity

ios8-continuity

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi data antara iOS 8 dan OS X Yosemite yang juga baru diluncurkan Apple. Salah satu contohnya adalah jika Anda menulis email di iPhone, Anda bisa melanjutkan di Mac hanya dengan satu klik saja. Hal ini berlaku pula saat Anda membuka sebuah halaman situs. Fitur ini juga memberikan akses pengguna untuk dapat menerima panggilan dan pesan teks di Mac. Beberapa fitur didalamnya termasuk Handoff sync across device, Airdrop between iOS and OSX, Instant Hotspot, dan SMS and Phone Call on your device.

HealthKit

Salah satu hal yang diunggulkan di iOS 8 adalah ditambahkannya aplikasi HealthKit. Sesuai namanya, aplikasi ini akan membantu Anda dalam memantau serta mengumpulkan berbagai data dari aktivitas kesehatan, mulai dari detak jantung, tekanan darah, hingga pola tidur. Sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga karena Health akan merangkum itu semua.

Family Sharing

ios8-family

Family Sharing memungkinkan kolaborasi antar keluarga sehingga dapat berbagi Calendar, Reminder, Find My Friends, Find My iPhone, dan juga berbagi konten yang sudah dibeli. Family Sharing membatasi jumlah pengguna hingga 6 orang. Yang menarik, fitur ini juga berguna untuk mencegah terjadinya pembelian aplikasi tertentu oleh anak-anak dengan memberikan konfirmasi kepada orang tua yang telah terdaftar dalam fitur ini.

Indikator penggunaan baterai

Baterai yang cepat habis mungkin merupakan kendala terbesar yang kerap dialami pada pengguna iPhone. Tentu saja hal ini juga tergantung dari kebiasaan dari si pengguna. Nah, pada iOS 8, Anda akan menambahkan pilihan baru yang terdapat pada menu Settings. Dari sini pengguna bisa melihat suatu aplikasi serta penggunaan baterai yang digunakannya. Dari petunjuk yang ditampilkan, pengguna dapat mengubah pengaturan atau menghapus aplikasi yang banyak menguras baterai.

Spotlight

ios8-spot

Fitur pencarian dengan nama Spotlight merupakan mesin pencari yang akan menjelajah konten dari segala sumber, tidak hanya dari ponsel, tetapi juga dari internet. Contohnya jika Anda mencari sebuah lagu, Spotlight juga akan mencarikannya dari iTunes, app store, serta suatu situs lain.

Tanggapan Kamu

komentar