Categories: Fitur

Selain Komunikasi, Smartphone Android Juga Digunakan Untuk Hal Berikut

Semakin canggihnya perangkat ponsel membuat fungsinya tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi saja, tetapi lebih daripada itu. Apalagi sistem Android yang fleskibel membuat beberapa pengembang aplikasi mampu menciptakan aplikasi pendukung guna menjalankan beberapa fungsi yang tadinya hanya bisa dijalankan melalui komputer atau laptop saja. Nah dari sekian banyak fungsi yang bisa dijalankan dari ponsel Android, berikut beberapa diantaranya:

Menjalankan sebuah Web Server

Android merupakan sistem Linux, sehingga tidak heran jika perangkat berbasis Android bisa menjalankan Web Server secara penuh lengkap dengan database mySQL, dukungan PHP, dan FTP untuk transfer file. Anda bahkan dapat membuat server yang tersedia di internet dan menggunakannya dengan domain pilihan.

Programming Android app

Jika ingin membuat kode aplikasi iPhone, Anda bisa melakukannya melalui Mac. Begitu pula jika ingin membuat coding untuk Windows Phone atau Blackberry, semua dilakukan melalui komputer desktop atau laptop. Nah, dengan Android, Anda bisa melakukan semua itu langsung dari ponsel atau tablet Android. Memang hal ini lebih nyaman dilakukan melalui komputer, namun jika Anda ingin memanfaatkan beberapa kode pada telepon itu sendiri, sebuah aplikasi gratis yang disebut AIDE menyediakan solusi end-to-end yang lengkap. Anda juga dapat menulis HTML, PHP, Javascript dan kode Web lain menggunakan DroidEdit.

Akses remote ke komputer

Ingin mengakses dan melihat konten aplikasi di ponsel melalui komputer? Dengan bantuan aplikasi remote, Anda bisa mengendalikan ponsel tersebut dari peramban di komputer. Atau sebaliknya Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi pilihan seperti 2X atau Splashtop 2 Remote Desktop untuk mengendalikan komputer dari ponsel Anda.

Sebagai alat pengukur

Samsung Galaxy S4 menyertakan sebuah aplikasi yang mampu mengukur berapa banyak langkah yang telah Anda tempuh saat berjalan. Dan beberapa aplikasi pihak ketiga di Google Play Store juga menyediakan banyak aplikasi sejenis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengukur berbagai aktivitas sejebis. Aplikasi seperti Accupedo Pedometer memanfaatkan sebsor accelerometer ponsel untuk menentukan kapan Anda telah mengambil langkah dan kemudian menyimpan data tersebut. Termasuk informasi lainnya seperti berat badan, tinggi badan, dan menghitung berapa banyak kalori yang telah dibakar.

Menghubungkan ke flashdisk

Setiap ponsel Android memiliki port microUSB yang digunakan untuk mengisi baterai atau menghubungkan ke komputer untuk mengakses data didalamnya. Namun bagi ponsel yang mendukung feature USB OTG (On The Go), Anda bisa menambahkan kabel adapter, sebuah aplikasi, dan akses root, sehingga Anda dapat melakukan transfer data secara langsung dari flashdisk atau harddisk eksternal. Anda bahkan dapat menghubungkannya langsung dengan cardreader untuk mengambil foto dari kamera dan secara otomatis mengunggahnya ke cloud. Semua bisa dilakukan tanpa bantuan komputer.

Menggunakan mouse dan keyboard

Dengan tambahan kabel adapter USB OTG, ponsel Anda tidak hanya bisa digunakan untuk menghubungkan ke media storage saja, tetapi juga ke perangkat seperti mouse dan keyboard. Ponsel Android cukup tangguh untuk menghubungkan ke mouse dengan koneksi kabel ataupun nirkabel yang biasa menggunakan koneksi 2,4 GHz.

Sebagai mouse nirkarbal atau touchpad

Saat melakukan presentasi, Anda bisa saja menggunakan keyboard atau mouse nirkabel untuk menjalankan beberapa fungsi dari jarak jauh. Namun daripada membeli kedua perangkat tersebut, tidak ada salahnya Anda coba menggunakan ponsel Android. Dengan bantuan aplikasi RemoteMouse, Anda bisa menggunakannya untuk mengakses komputer. Untuk aplikasi touchpad, ada aplikasi bernama Advanced Touchpad yang cukup powerfull dan mendukung fungsi pinch-to-zoom.

Pasang Desktop Linux

Pada cara pertama disebutkan bahwa ponsel Android bisa digunakan untuk menjalankan Web Server berbasis Linux, maka tidak ada salahnya Anda juga mencobanya untuk memasang sistem operasi desktop Linux di ponsel. Menggunakan aplikasi seperti Complete Linux Installer, Anda bisa menjalankan sistem operasi desktop berbasis Linux seperti Ubuntu atau Debian. Hubungkan ponsel ke keyboard, mouse, atau tambahan layar, dan Anda bisa menjalankannya seperti dari komputer dan bisa menjalankan aplikasi seperti GIMP sampai OpenOffice.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Recent Posts

Daftar Putar, Fitur Baru TikTok

Dengan fitur daftar putar atau playlists, pengguna lain yang datang ke akun kita dapat fokus…

1 week ago

Benchmark Performa Intel Iris Xe Max

Intel kembali memulai langkah pembuatan VGA discrete, alias VGA non onboard (bukan on chip atau…

2 weeks ago

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Jurusan IT

Di pasaran, pilihan laptop ada sangat banyak. Berbagai merek menawarkan produk dengan spesifikasi dan fitur…

3 weeks ago

VivoBook Flip 14 TP470 Laptop 2-in-1 Terbaru Asus

Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, laptop jenis convertible atau biasa disebut juga sebagai laptop 2-in-1…

4 weeks ago

Cara Mining Bitcoin Gratis Lewat Handphone

Tak hanya mining, di dalam aplikasi tersebut kita bisa juga membeli, menjual, menukar, hodl, belajar…

1 month ago

Manfaatkan dlvr.it untuk Jadwal Posting di Instagram

Penyedia layanan manajemen media sosial yang bernama dlvrit ini memiliki fitur untuk bikin jadwal posting…

1 month ago