1,2 Triliun dari Softbank untuk Tokopedia

(Ilustrasi: Tokopedia.com)

(Ilustrasi: Tokopedia.com)

Jakarta, PCplus – Ada kabar baik dari dunia technopreneur tanah air. Kemarin (22/10), perusahaan teknologi lokal yang bergerak dalam platform e-commerce, Tokopedia, mengumumkan perjanjian kerjasama dengan Softbank Internet and Media Inc. (SIMI) , dan Sequoia Capital.

Dalam kerjasama itu, SIMI dan Sequoia sepakat menanamkan modal sebesar 100 juta dolar Amerika (sekitar 1,2 triliun rupiah) kepada Tokopedia. “Investasi ini merupakan rekor investasi pertama dengan nilai 100 juta USD yang berhasil dicatat oleh perusahaan internet asal Indonesia dan Asia Tenggara (setidaknya untuk yang pernah diumumkan ke publik),” jelas Tokopedia dalam blog resminya.

Investasi bernilai cukup fantastis ini memang baru kali pertama terdengar untuk kerjasama antara perusaan luar dan lokal. Baik SIMI dan Sequoia sendiri mencatat bahwa ini adalah kali pertama mereka berinvestasi di perusahaan internet Indonesia.

Tokopedia dianggap raksasa investor tadi sebagai perusahaan dengan pertumbuhan yang signifikan dengan model bisnis yang inovatif. “Mengandalkan sinergi dengan jaringan bisnis internet kami, kami percaya kami dapat membantu kemajuan Tokopedia di pasar Indonesia,” kata Nikesh Arora (Vice Chairman dari SoftBank dan CEO dari SIMI).

Suntikan dana segar ini dianggap CEO Tokopedia, William Tanuwijaya sebagai “vitamin” perusahaannya untuk terus melebarkan sayap  bisnis. “Melalui investasi ini, Tokopedia akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membangun tim yang semakin baik, mengembangkan teknologi kelas dunia untuk membantu para merchant Tokopedia serta memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna setia kami. Pengguna kami adalah prioritas utama kami. Kami akan fokus agar para merchant kami semakin sukses. Ini adalah prinsip terpenting dari bisnis model kami,” kata William.

Sebelumnya, Tokopedia juga pernah mendapat 5 investor sejak pertama kali berdiri di 2009. Pemodal seperti PT Indonusa Dwitama, East Ventures , CyberAgent Ventures, BEENOS , dan SB Pan Asia Fund tercatat sebagai penanam modal di Tokopedia.

Tanggapan Kamu

komentar