Awas, Video On Demand Picu ‘Binge Watching’

binge watchingJAKARTA, PCplus – Binge watching sedang mewabah di seluruh dunia  Jangan sampai kamu terjangkit ya. Apa sih binge watching? Ini adalah kebiasaan menonton video atau serial TV nonstop selama berjam-jam. Nonton episode demi episode serial TV favoritmu, misalnya Walking Dead, Big Bang, atau mungkin Seinfeld, secara marathon, tanpa henti.

Binge watching atau nonton secara berlebihan sampai ‘bikin mual’ itu bisa menjangkiti siapa saja. Ini khususnya kamu yang punya akses Internet dan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet maupun yang menggunakan smart TV dan berlangganan video on demand (subscribed video on demand – SVOD) untuk nonton. Sebab ada kemudahan menonton video apa saja di mana saja dan kapan saja.

Di tanah air, operator cable TV First Media pun sudah menyediakan layanan TV on the Go dan Video on Demand on the Go. Kemudahan layanan Video on Demand ini membuat banyak orang kecanduan nonton video, serial TV, nonstop.

Dan menurut Afrizal Abdul Rahim (Head of Consumer Lab, Regional South East Asia and Oceania) dalam media briefing tentang Ericsson ConsumerLab TV and Media Report 2014 di Jakarta (23/10/2014), 55% respondennya di Indonesia ternyata menginginkan kemudahan menonton sesuka hati. “Maunya semua episode dirilis sekaligus sehingga bisa ditonton sesuka hati,” ungkapnya.

Tentu saja apa pun yang berlebihan itu tidaklah baik. Oscar Wilde saja pernah mengatakan, “everything in moderation, including moderation.” Nah, binge watching ini sesungguhnya berbahaya loh. Gara-gara nonton berlebihan, kamu bisa kelelahan, capek, ngantuk paginya. Padahal kamu harus kuliah atau kerja. Jadwal kuliah (bagi yang masih kuliah) dan bahkan prestasi kerja (bagi yang sudah bekerja) jadi terganggu.

Lalu bagaimana jika kamu ternyata sudah terjangkit binge watching? Sebenarnya mudah saja mengatasinya. Mulailah dari sumbernya, yakni Wi-Fi router-mu. Banyak router yang memungkinkan kamu mematikan akses Internet pada jam-jam yang kamu tentukan. Router Netgear misalnya bisa diatur untuk mematikan website-website tertentu pada jam-jam tertentu. Alhasil semua perangkat yang harus terkoneksi Internet – iPad, tablet Android atau apa pun yang berbasis Wi-Fi – akan dikunci. Nah kalau sudah begitu, ya terpaksa berhenti nonton dan tidur dong ya.

Tanggapan Kamu

komentar